BULETIN GOVER

REDAKSI BULETIN GOVER

MEDIA INFORMASI GOPALA VALENTARA

Sebagai sebuah organisasi yang dinamis, Gopala Valentara selalu mengembangkan kemampuannya sesuai dengan dinamika yang terjadi pada tiap saat, khususnya di era globalisasi ini. Hal ini dibuktikan pada peringatan 24 Tahun Gopala Valentara tepatnya tahun 2005, telah disepakati dibentuknya sebuah media komunikasi intern yang informatif dan berkesinambungan. Media ini berupa media cetak dalam format bulletin. Melalui media ini diharapkan dapat terjalin komunikasi yang lebih intensif antara Anggota aktif dengan Anggota Luar Biasa yang tesebar di berbagai pelosok nusantara. Selain itu lewat media ini diharapkan pesan-pesan maupun informasi kegiatan organisasi lebih terbuka aksesnya ke publik sehingga lebih memudahkan kerja-kerja organisasi dan semakin mengukuhkan eksistensi organisasi.

Pengelolaan bulletin Gova diserahkan pada satu tim khusus yang corak manejemen keredaksiannya bersifat independen, berada di luar struktural kepengurusan namun tetap bertanggungjawab secara langsung kepada ketua umum. Tim ini laksana kepanitiaan suatu kegiatan yang memiliki susunan kepanitian, perencanaan kerja, pelaksanaan kerja, pengendalian kerja dan pengevaluasian kerja tersendiri. Sehingga pengelola/crew bulletin benar-benar memiliki otonomi yang luas dalam hal penamaan bulletin, rubrikasi bulletin, produksi bulletin, sirkulasi bulletin, dan penggalian dana bulletin. Apalagi crew bulletin harus dapat memenuhi target terbit dua (2) edisi bulletin dalam satu periode kepengurusan.

Dari hasil rapat crew bulletin telah disepakati nama bulletin “Gover” dengan tulisan di bawahnya “media informasi dan komunikasi kita”. Gover berasal dari akronim GOVA yang merupakan kependekan dari Gopala Valentara dan “er/R” yang merupakan huruf awal dari kata Revolusi yang mengandung semangat perubahan yang progressif/maju dan mendasar.

Kata “media komunikasi” menunjukan bahwa media ini adalah media berita sedangkan kata “Kita” menunjukkan bahwa media ini adalah media bersama, aku dan kamu/kalian, sesuai motto organisasi one for all atau “satu untuk semua”. Selain itu disepakati juga 13 rubrik andalan untuk mewadahi pemberitaan dan menguatkan citra/brain bulletin. Ketigabelas rubrik tersebut yaitu Binocular, Jejak, Sekre, Hukum & Lingkungan, Kolak (Kolum Alumni Kita), Skill, IPTEK, Diary Gova, Renungan, EnsikloGova, Profil, Agenda Gova serta ngelutju. Dengan ketentuan rubrik-rubrik tersebut dapat berubah tergantung kebutuhan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s