DIKLAT JURNALISTIK

DIKLAT JURNALISTIK

MENJADI JURNALIS MUDA YANG BERKOMPETEN

Jumat, tanggal 3 Juni 2016, kami rekan-rekan Anggota Gopala Valentara mengadakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Jurnalistik. Kami mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu jurnalistik dan pembuatan berita bersama Solopos, yang hampir bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Solopos yang ke-12. Acara yang kami adakan di kantor Solopos Colomadu ini diselenggarakan dalam rangka pembuatan Buletin GOVER edisi XVII. Karena dalam pembuatan suatu buletin, diperlukan berbagai macam keahlian, agar pembaca dapat menikmati berita tersebut dari berbagai sudut pandang.

dikjur-2
Anggota GOVA yang belajar menjadi penyiar radio

Kami, Anggota Gopala Valentara ber-17 berangkat dari sekre GOVA pukul 10:00 WIB. Sesampainya di kantor Solopos, kami disambut dengan ramah oleh rekan-rekan dari Solopos. Kami masuk dan dipersilahkan duduk dalam suatu meeting room. Di tempat itulah, kami diberi pengetahuan mengenai teknik pembuatan suatu buletin, mulai dari penyusunan tim redaksi, pemilihan tema, pencarian berita, teknik wawancara, dan masih banyak lagi. Disini juga diajarkan bagaimana pembuatan suatu berita dapat menarik minta pembacanya, yaitu dilihat dari pemilihan judul, tata bahasa, majas, dan banyak lagi. Waktu 2 jam terasa cepat berlalu. Setelah usai pemberian materi, kami diberi kesempatan untuk masuk ke ruang penyiaran radio Solopos FM. Disini, kami sempat menyampaikan sepatah-duapatah kata pada para pendengar radio Solopos. Karena jam hampir menunjukkan waktu ibadah sholat Jumat, kami pun berpamitan pada rekan-rekan Solopos yang telah memberikan materi jurnalistik secara apik.

dikjur-3
Anggota GOVA bersama rekan Solopos

Lalu pada Sabtu, tanggal 4 Juni 2016, kami melanjutkan kegiatan Pendidikan dan Latihan Jurnalistik bersama Rekan-rekan dari Lembaga Pers Mahasiswa Kentingan dan Klub Fotografi FISIP UNS, yang bertempat di Gedung 1 Ruang 1103 FH UNS. Materi yang akan kami pelajari disini adalah materi layouting dan fotografi. Acara dibuka dengan pemberian materi layouting dari LPM Kentingan. Layouting adalah teknik pembuatan suatu rangkaian yang tersusun dari tulisan, angka, warna, gambar, foto, dan elemen-elemen lain hingga terbentuk suatu susunan yang rapi dan nyaman dibaca. Pada initinya, layouting adalah teknik menempatkan dan menata tulisan dengan gabungan elemen lain sehingga terdapat suatu keharmonisan. Aplikasi yang kami gunakan untuk membuat layout GOVER disini adalah aplikasi keluaran Adobe yaitu Adobe In-Design.

img_0052
Pemberian materi oleh Fisip Fotografi Club

Setelah mendapatkan materi layouting secara lengkap, acara kami lanjutkan dengan materi fotografi dari Klub Fotografi FISIP. Pada materi ini, dijelaskan mengenai unsur-unsur pengambilan gambar, teknik-teknik pengambilan gambar, macam dan jenis foto, pengaturan konfigurasi kamera, dan lain-lain. Disini ditampilkan pula hasil karya fotografi dari rekan-rekan Klub Fotografi FISIP pada suatu slide komputer. Setelah usai pemberian materi, kami pun melanjutkan dengan praktek fotografi menggunakan kamera SLR tipe Canon EOS 1100D milik salah satu Anggota Gopala Valentara. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 16:00 WIB. Maka acara Diklat Jurnalistik Gopala Valentara pun harus kami tutup. Terima kasih pada rekan-rekan Solopos, Lembaga Pers Mahasiswa Kentingan, serta Klub Fotografi FISIP yang telah memberikan semua materi yang sangat menunjang kelancaran proses pembuatan GOVER edisi XVII. Semoga materi yang diberikan oleh rekan-rekan sekalian dapat dilihat pada buletin GOVER edisi XVII yang akan kami terbitkan dan kami sirkulasikan nantinya.

Oleh: Aditya Putra, NRA. GV-271/XXX

dikjur-5
Akhir dari rangkaian DIKJUR GOVA
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s