PENGEMBARAAN CAVING

PENGEMBARAAN CAVING

KEINDAHAN DARI DALAM PERUT BUMI

Kegiatan caving atau susur goa memang menjadi kegiatan yang belum begitu lama diadakan di Gopala Valentara. Walaupun begitu, dalam 4 tahun terakhir GOVA mulai membentuk para caver yang unggul. Dalam kegiatan kali ini, kami mengadakan pengembaraan caving di Goa Sibodak dan Goa Nguwik. Goa sibodak terletak di daerah Purworejo. Goa Sibodak merupakan goa vertikal dengan kedalaman 30 meter, sehingga perlu alat SRT jika ingin menelusurinya. Di dalam goa ini juga terdapat lumpur dan air dimana kita harus memakai sepatu boot agar lebih nyaman ketika di dalam goa. Sedangkan Goa Nguwik merupakan goa horizontal yang berada di Purworejo. Lokasi tepatnyanya berada di Padukuhan Katerban, Desa Donorejo, kecamatan Kaligesing, Purworejo. Goa ini menjadi saksi penemuan fosil hewan purbakala setahun silam, yang diduga fosil tersebut hidup sekitar 500.000 tahun silam. Goa ini diketahui memiliki panjang sekitar 220 meter. Goa Nguwik memiliki ornamen yang lengkap, serta adanya air dan lumpur didalamnya. Ketika mengambil jalur kiri akan ditemui air dengan kedalaman 11 meter sehingga perlu dilengkapi pelampung untuk menelusurinya.

img_1048
Refresh materi di basecamp

Pengembaraan ini kami adakan pada tanggal 17-19 Juni 2016. Pada hari Jumat tanggal 17 Juni, kami berangkat dari sekre pukul 14:00 WIB. Setelah perjalanan jauh, akhirnya kami pun tiba di basecamp Mbah Cokro. Sebelum beristirahat, kami melakukan refresh materi sebelum besok menyusuri Goa Sibodak. Setelah dirasa hafal teori-teori dalam materi caving, pada pukul 00:00 WIB pun kami beristirahat. Sabtu pukul 04:00 WIB, kami bangun dan bergegas sahur dan sholat. Setelah itu, kami packing alat-alat yang diperlukan, dan berjalan menuju mulut goa Sibodak pada pukul 07:00 WIB. Setelah melakukan sedikit pemanasan, kami memasang anchor dan perlengkapan individu. Setelah semua alat terpasang, pukul 09:30 WIB pun kami menuruni Goa Sibodak. Sampai disana, kami langsung melakukan pemetaan goa. Sembari melakukan pemetaan goa, kami melihat ornamen-ornamen goa yang cantik. Stalagtit dan stalagmit yang berumur puluhan tahun tersebut menghiasi Goa Sibodak dengan elok. Setelah melakukan pemetaan dan puas menikmati pemandangan dari dalam perut bumi, pukul 14:30 WIB pun kami naik, dan pada pukul 17:00 WIB kami semua sampai di mulut goa. Setelah melakukan cleaning, kami pun pulang ke basecamp untuk melakukan buka puasa, evaluasi, serta istirahat untuk perjalanan besok menuju goa Nguwik.

img_1056
Teknik Single Rope Technique kami terapkan untuk menuruni goa

Minggu, 19 Juni 2016, kami melakukan aktivitas pagi seperti biasa; sahur, sholat, mandi, lalu packing. Setelah kami siap, kami pun berangkat pukul 09:00 WIB menuju Goa Nguwik. Setelah tiba disana, kami pun melakukan pemanasan dan pemasangan alat individu, pukul 10:00 WIB pun kami masuk dan mulai melakukan pemetaan goa. Jalanan dalam goa Nguwik ini cukup sempit, dengan banyak rawa di dalamnya. Tak jarang kami harus membenamkan tubuh kami dalam air hingga se-kepala agar tidak terantuk stalagtit. Ornamen goa disini tak kalah menarik dari Goa Sibodak kemarin. Disini kami banyak menemui hewan-hewan yang hidup di dalam goa, seperti kelelawar, laba-laba, pacet, katak, bahkan ular. Hanya dengan melihatnya saja kami sudah agak merinding. Namun hal tersebut tak mempengaruhi proses pemetaan goa yang kami lakukan. Setelah selesai, pukul 12:45 WIB pun kami pulang ke basecamp Mbah Cokro dan packing untuk bersiap pulang ke Solo. Dibalik semua tantangan, ada suatu keindahan yang tersembunyi di dalamnya. Seperti pengembaraan caving yang kami lakukan ini. Walaupun pada awalnya rasa cemas selalu menghampiri, namun keindahan gambaran tangan-Nya membuat rasa cemas di hati kami hilang.

img_1094
Ornamen-ornamen goa yang terpasang dengan indah
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s