PENGEMBARAAN RAFTING

PENGEMBARAAN AIR ( RAFTING )

PENEMBUS JERAM ELO

Agenda Gopala Valentara kali ini adalah pengembaraan rafting dari divisi air yang diadakan tanggal 10-11 Agustus 2016. Disini, terdapat 3 Anggota Muda Diklatsar ke-XXXIII (Rizki Hidayat, Luthfan Hibatul H, dan Aldrian Bagus F) yang mengikuti pengembaraan ini

sebagai salah satu syarat presentasi slayer merah. Pengembaraan ini diadakan di sungai Elo. Sungai Elo merupakan sebuah sungai yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Sungai Elo memiliki grade sungai yang tidak terlalu berbahaya., yang biasanya dijadikan untuk para rafter pemula. Pada musim kemarau sungai menjadi lebih dangkal, bentukan sungai di musim hujan tidak terlihat menjadi terlihat dan dapat membuat perahu mudah tersangkut, sehingga pada musim tersebut dibutuhkan dayungan yang lebih kuat serta manuver perahu yang lebih mantap sangat cocok untuk latihan materi skiper dan ATM (angel timing momentum).

Setelah melakukan perjalanan lumayan jauh dari sekre GOVA, kami tiba di start point sungai Ello. Pada pukul 13:45 WIB kami melakukan briefing, pengembaraan kali ini di ikuti oleh 3 orang peserta dan 4 orang pendamping. Pada pukul 14:32 WIB, peserta mulai berjalan ke Magelang, tepatnya basecamp Sungai Elo. Namun di tengah tengah perjalanan ban motor salah satu peserta mengalami bocor sehngga perjalanan agak tertunda. Kami sampai ke basecamp Kolang-Kaling pada pukul 17:15 WIB. Setelah melakukan sosial pedesaan pada pukul 18:30 WIB, kami beristirahat dan mulai masak sampai dengan pukul 20:40 WIB.  Pada pukul 20.40-21.22 kami semua melakukan refresh materi dan selanjutnya pada pukul 21:22-21:35 WIB kami beristirahat.

pengembaraan-air-2
Latihan melempar throwing bag
pengembaraan-air-3
Peserta yang berenang melewati jeram

Pukul  05:00 WIB kami bangun pagi dan langsung masak dan sholat, sembari melakukan cek list dan mempersiapkan alat guna melakukan rafting nanti. Pada pukul 08:30 WIB kami berangkat ke titik start pengarungan. Pada pukul 9.02 kami tiba di tempat star dan langsung melakukan pemanasan. Pada pukul 9:15 WIB kami pun mulai melakukan pengarungan menggunakan satu buah perahu jenis medium craft. Materi awal sebelum memulai pengarungan yaitu materi lempar throwing bag dan renang jeram setelah melakukan materi tersebut, sekitar 500 meter kemudian kami mengaplikasikan materi dayungan. Ada beberapa materi yang kami praktekan diantaranya dayungan kombinasi, dayungan tolak, dayungan pancung, dayungan mundur, dayungan tarik, dll. Setelah mempraktekan materi tersebut, kami melanjutkan pengarungan pada pukul 12:15 WIB. Pada pukul 13:20 WIB kami berhenti di bawah jembatan yang arus airnya agak tenang untuk melakukan flip-flop atau membolak-balikkan perahu sejumlah 3 kali.

pengembaraan-air-1
Peserta yang berusaha menaiki perahu pada materi flip-flop

Lalu pada pukul 13:40 WIB kami melanjutkan perjalanan kembali melewati beberapa jeram yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pada pukul 14:20 WIB kami sampai di daerah Kedung Celeng. Di daerah tersebut kami melakukan portaging atau pengangkatan perahu sebanyak 2 kali guna belajar melewati jeram dan melakukan renang jeram sekali. Pada pukul 15:10 WIB sampai ke tempat rest area. Kami beristirahat sekitar 20 menit. Sebelum melanjutkan pengarungan, kami kembali melakukan renang jeram dan flip-flop 2 kali. Setelah teknik flip-flop dan renang jeram kami kuasai sepenuhnya, pengarungan pun berlanjut hingga pada pukul 15:10 WIB. kami sampai titik finish pada pukul 17:15 WIB. Sesampai titik finish kami istirahat sebentar sambil melakukan cek list alat. Pada pukul 18:30 kami kembali ke base camp dan langsung mandi dan istirahat. Pada pukul 20.45-21.30 WIB. Kami makan  dan setelah itu kami melakukakan evaluasi. Kami bangga mampu mengaplikasikan segala teknik dayungan, renang jeram, flip-flop dan rescue dengan maksimal, walaupun memang masih banyak kekurangan dari kami.

DSCN9650
Arungui & tembus jeram-jeram Elo!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s