PENGEMBARAAN GUNUNG HUTAN

PESONA ALAM, DETAK SEJARAH, DAN JEJAK MISTERI ARGOPURO

Jawa Timur merupakan provinsi terluas yang ada di Pulau Jawa. Oleh karena itu seringkali provinsi  Jawa Timur dijadikan sebagai destinasi wisata alam hingga bahan untuk penelitian alam. Jawa Timur menyimpan beberapa pegunungan yang layak disambangi. Kali ini kami Mahasiswa Pecinta Alam GOVA memilih Gunung Argopuro sebagai tujuan pengembaraan Gunung Hutan.Gunung Argopuro adalah sebuah gunung berapi dengan ketinggian 3.088 mdpl yang kini sudah tidak aktif lagi.

Registrasi di Basecamp Baderan

Peserta yang melaksanakan Pengembaraan Gunung Hutan kali ini adalah Aditya Putra, Readytya Aji, Dewangga Bangun, Faradian Ilham Listyanto, Gilang Bima Sakti, dan Rudyani Swesti Hapsari,dengan didampingi Bayu Haritia, Dyah Ekawati, dan Nindya Dewanti Permata.

Pengembaraan ini kami perkirakan memakan waktu 7 hari dari berangkat hingga pulang.Jalur pendakian Gunung Argopuro ada 2, via Bremi dan via Baderan,kami memilih jalur via Baderan. Kami melakukan pengembaraan ini dari tanggal 27 Juli hingga 1 Agustus 2015. Senin 27 Juli 2015, kami memulai perjalanan menuju Gunung Argopuro.Kami berangkat dari basecamp GOVA, menuju Terminal Titonadi, Solo.

Perjalanan menuju Surabaya kurang lebih memakan waktu 6 jam.Sesampainya di Surabaya dilanjutkan dengan menuju  kota Situbondo,lalu Besuki,di pasar yang ada di Besuki,kami untuk berbelanja sayur dan buah kemudian dilanjutkan menuju basecamp Baderan.Sesampainya di basecamp, kami  melakukan pendaftaran.Sorenya kami melakukan wawancara dengan beberapa penduduk sekitaran basecamp.Mayoritas penduduk di Baderan justru pendatang dari Madura.Sebagian besar profesi mereka adalah petani dan pedagang.Selain itu kami juga mengajukan pertanyaan yang bersifat misteri, seperti, apakah sering terjadi hal-hal aneh di Gunung Argopuro? Mereka mengatakan bahwa Gunung Argopuro tak lepas dari Legenda Dewi Rengganis yang tak lain adalah adik Nyi Roro Kidul.

100_2665
Orientasi medan sembari beristirahat
100_2794
Dinginnya suhu di Taman Hidup membentuk kristal-kristal es

Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, kami memulai pendakian Gunung Argopuro.Awalnya kami menysuri jalanan kecil berpaving, yang kemudian menjadi jalan besar berbatu, sesekali kami berhenti untuk istirahat dan melakukan orientasi medan (ormed).Dua jam telah belalu sampailah kami di Mata Air 1, di Argopuro banyak sekali sumber Mata Air,setelah Mata Air 1 kita melanjutkan perjalanan ke Alun-Alun Kecil, kemudian Alun-Alun Besar.Banyak pemandangan alam yang disajikan Argopuro selama perjalanan. Hari semakin sore dan selamat datang di Cikasur, sebuah padang savana dan ilalang yang paling luas di gunung Argopuro,di sinilah tempat kami bermalam.Saat itu, banyak para pendaki yang juga memilih Cikasur sebagi tempat bermalam.Kami berjalan melewati sungai kecil yang amat jernih dan penuh dengan tanaman Jembak.Malamnya kami mengambil beberapa Jembak untuk di masak dengan mie instan sebagai menu makan malam kami.

Aliran sungai Cikasur yang sangat jernih

Esoknya, suara Burung Merak membangunkan kita, ternyata di Cikasur, jika anda beruntung anda akan melihat banyak burung Merak berterbangan untuk mencari makan. Sempat berfoto beberapa jepret, kami melanjutkan perjalanan menuju Cisentor,kemudian lanjut menuju Pertigaan Puncak, cukup memakan waktu yang lama untuk sampai di pertigaan Puncak, sekitar 4-5 jam, jalanan pun mulai curam.Kami bermalam disana dan keesokan harinya kami berniat untuk ke puncak, yaitu Puncak Rengganis, Cisentor, dan Argopuro

Pos Cisentor, dimana terdapat aliran air namun tak bisa diminum
100_2690
Padang sabana menjadi ciri khas Gunung Argopuro

Sampailah kita di perjalanan hari ke-6, perjalanan turun menuju Danau Taman Hidup, perjalanan turun ini memakan waktu seharian.Danau Taman Hidup menjadi penutup Pengembaraan Gunung Argopuro kali ini, kami bermalam disana.Keesokan harinya melanjutkan perjalanan turun ke basecamp Bremi dan pulang ke Solo.Keindahan alam Indonesia akan selalu ada, asalkan kita selalu menjaganya. Save the future, go green, one day they might save your life.