CAPSULA MUNDI, PROYEK MAKAM HIJAU

CAPSULA MUNDI, PROYEK MAKAM HIJAU

PEMAKAMAN BERTAJUK GREEN CEMETRIES

 

Capsula Mundi adalah sebuah proyek di Italia mengenai pemakaman yang bertajuk Green Cemetries atau pemakaman hijau. Karena melihat rata-rata, atau bisa dibilang hampir semua, pemakaman terbuat dari batu nisan yang tentu saja bisa mengurangi luas dari daerah resapan air. (Mengingat bumi kita ini sudah mulai kritis akibat pemanasan global).

Jadi Capsula Mundi ini merupakan peti mati yang berbentuk kapsul dimana nanti kapsul tersebut “ditanam” di dalam tanah sama seperti peti mati biasanya, namun setelah itu tepat diatas kapsul tersebut ditanami pohon, sehingga nanti ketika pohon tersebut tumbuh, akar pohon tersebut akan menembus kapsul tersebut dan mengambil nutrisi dari jasad manusia yang telah mati didalamnya.

capsula-mundi-diagram

Jasad tubuh manusia didalam kapsul tersebut diposisikan seperti janin di dalam rahim ibu yang sedang mengandung. Tentu saja posisi jasad seperti itu tidak akan memakan banyak tempat nantinya. Bahan dasar dari kapsul tersebut terbuat dari starch plastic, yaitu plastik yang terbuat dari bahan2 biomassa, seperti tepung jagung, tepung kanji serta lemak dan minyak dari sayuran. Jadi dijamin kapsul ini ramah lingkungan jika dibandingkan dengan peti mati yang biasa yang terbuat dari kayu yang tentunya harus menebang pohon terlebih dahulu untuk mendapatkannya.

Cara pemakaman Capsula Mundi adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, dibuat dulu kapsulnya (peti mati), setelah itu diisi jasad orang yang telah meninggal, nah jasad tersebut diposisikan seperti bayi dalam rahim, lalu kapsul yang sudah diisi jasad manusia itu dikubur di tanah.
  • Setelah kapsul dikubur, tepat diatas kapsul tersebut di tanam pohon yang nantinya akar pohon tersebut akan menembus kapsul dan menyerap nutrisi dari jasad orang tersebut
  • Setelah nutrisi dari jasad tersebut sudah tertimbun lama, maka pohon yang ditanam diatasnya pun lama-kelamaan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan pohon yang ditanam dengan cara biasa.

Jadi, Bisa dibilang juga pohon itu merupakan bentuk kehidupan baru yang lahir dari jasad orang yang telah meninggal tersebut, bisa diibaratkan seperti “reikarnasi”. Prinsipnya agar tubuh yang sudah mati bisa berguna buat alam.

Sumber : kaskus.co.id

tree-story-fb_647_031516040157

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s