DIVING, MENYELAMI ELOKNYA SAMUDRA

DIVING, MENYELAMI ELOKNYA SAMUDRA

RESIKO DAN TIPS AMAN NYAMAN OLAHRAGA DIVING

Diving adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan, dimana para penyelam dapat menikmati keindahan flora dan fauna bawah laut. Kebanyakan orang awam beranggapan bahwa Diving adalah kegiatan tanpa resiko. Anggapan tersebut salah tentunya.          Ketika melakukan penyelaman, udara yang dihirup melalui tangki oksigen mengandung 78% Nitrogen, 20% Oksigen, dan sisanya adalah gas lainnya. Kadar tersebut memang sama dengan udara yang dihirup di darat, tetapi perbedaannya adalah ketika bernafas di darat memungkinkan nitrogen untuk keluar dari tubuh kita, sementara ketika bernafas di dalam air dapat menyebabkan penyakit dekompresi jika menyelam dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena nitrogen gagal keluar dan membentuk gelembung udara dalam aliran darah.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Fakta tersebut membuktikan bahwa hal sederhana seperti bernafas di dalam air pun dapat menyebabkan resiko penyakit mematikan bagi para penyelam. Meski hanya untuk rekreasi, minimal dibutuhkan Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP) dan Latihan Keterampilan Kolam (LKK). Bawasannya, menyelam dapat meningkatkan tekanan disekitar tubuh kita. Gas dalam tubuh kita mengalami perubahan yang berpengaruh pada semua rongga yang berisi udara. Perubahan tekanan juga akan mengubah kuantitas gas terlarut dalam aliran darah dan jaringan tubuh, yang dapat menyebabkan resiko penyakit yang serius, seperti :

  1. Vertigo

 Vertigo atau perasaan pusing saat menyelam, adalah gejala pikiran serasa berputar-putar, yang beresiko penyelam mengalami disorientasi. Cara terbaik untuk menghindari vertigo adalah tidak menyelam jika kita terkena pilek atau memiliki alergi yang tidak diobati.

  1. Tinnitus

Tinnitus adalah dering konstan di telinga saat menyelam, seperti vertigo, yaitu jika kita menyelam ketika mengalami sakit kepala atau punya masalah pada telinga. Pada umumnya tinnitus dan vertigo dapat juga dipicu oleh beberapa cedera telinga bagian dalam, biasanya disebabkan oleh masalah dengan tabung Eustachio. Menurut Dr. Jed. A. Kwartler, seorang dokter otologi dan neurotologi dari Summit Medical Group di New Jersey, jika seorang  penyelam tidak dapat menghilangkan tekanan pada telinga, maka tekanan akan berlanjut hingga ke dalam telinga, yang dapat beresiko pecahnya gendang telinga.

        3. Kerusakan Paru-Paru dan Emboli

Penyakit ini disebabkan karena gas di paru-paru mengembang terlalu cepat dan merobek jaringan paru-paru. Gelembung udara besar bocor dari paru-paru ke dalam aliran darah, dan dapat memblokir sirkulasi ke otak, jantung, atau ekstremitas. Gelembung gas tersebut sering menyebabkan rasa sakit yang sangat. Untuk mengobati penyakit ini, dibutuhkan perawatan medis darurat.

scuba_diving_mag_2016_2

Dari paparan tersebut, terbukti sangat penting mengetahui resiko menyelam, maka kita harus berhati-hati saat hendak melakukan diving. Karena itu penting untuk memerhatikan tips-tips saat akan menyelam berikut :

  1. Ikuti latihan dan sertifikasi diving dari agen resmi
  2. Lakukan pemeriksaan medis sebelum menyelam
  3. Jangan menyelam di tempat berbahaya yang membutuhkan latihan khusus lanjutan jika belum mahir diving, seperti ke gua dasar laut dan shipwreck diving.
  4. Jangan menyelam sendirian
  5. Taati arahan dari instruktur selam
  6. Periksa dan pastikan alat diving dengan cermat, dan pastikan anda tahu cara menggunakannya
  7. Cari tahu cuaca di tempat penyelaman sebelum menyelam. Pastikan suhu air dan cuaca aman untuk melakukan penyelaman
  8. Kenali ciri-ciri gejala penyakit akibat diving dan penanggulangannya.

Semoga Bermanfaat 🙂

(Dikutip dari berbagai sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s