DONOR DARAH

DONOR DARAH

SIAPAPUN DIRIMU, ADA ORANG YANG MEMBUTUHKAN DARAHMU

Donor darah yang diadakan Gopala Valentara merupakan agenda rutin yang selalu kami lakukan 3 bulan sekali. Selain untuk aksi kemanusiaan, disini donor darah kali ini juga untuk menyambut tahun ajaran baru pada semester ganjil, terlebih untuk daya tarik dan ajang show up GOVA bagi mahasiswa baru. Donor darah kali ini dibantu dengan PMI cabang Surakarta, dengan tema “Siapapun Dirimu, Ada Orang Yang Membutuhkan Darahmu”.

dscn9664
Upacara pembukaan donor darah

Kegiatan kami adakan pada 21 September 2016 di lobi lantai 2 gedung I FH UNS, dengan koordinator yaitu Aldrian Bagus F, selaku kepala divisi SAR & PP. Tugas dari koordinator donor darah sendiri ialah mengatur semua rekan panitia dari GOVA agar acara donor darah berlangsung sesuai yang direncanakan. Setelah melakukan dekorasi tempat pada malam sebelumnya, pada pagi hari pukul 07:00 WIB kami melakukan upacara pembukaan donor darah yang dihadiri oleh beberapa rekan perwakilan PMI. Tak lupa ada kata sambutan dari wakil dekan I dan dari ketua umum GOVA sendiri. Dua jam pertama memang sedikit pendonor yang datang dikarenakan masih adanya jam perkuliahan di kampus kami. Namun, setelah hari semakin siang, kami kedatangan cukup banyak pendonor dari Fakultas hukum maupun fakultas lain di UNS. Antrean pendonor pun semakin siang saat jam istirahat atau sekitar pukul 12:00 WIB tiba. Kami pun agak kewalahan untuk melakukan pencatatan data diri dari para pendonor. Tak lupa stiker yang telah kami cetak kami bagikan bagi para relawan pendonor.  Akhirnya setelah jam perkuliahan kembali tiba, kami dan rekan-rekan dari PMI Surakarta dapat beristirahat sejenak selama beberapa menit setelah bekerja beberapa lama.

dscn9676
Anggota yang menyumbangkan darahnya

Pada pukul 13:00 WIB, kantong darah dari pendonor yang sudah ditentukan panitia pun mencapai targetnya, yaitu 70 kantong darah. Walaupun pada saat itu ada beberapa mahasiswa yang hendak menyumbangkan darah mereka, namun sayangnya jumlah kantong darah yang disediakan oleh PMI telah habis terpakai. Lalu sekitar pukul 13:30 WIB, kami melakukan cleaning lokasi, dan setelah itu kami pun menutup kegiatan donor darah kami. Dengan upacara penutupan, kegiatan kami pun selesai. Kami mengucapkan terima kasih pada rekan-rekan PMI dan para pendonor yang telah menyumbangkan darahnya untuk membantu mereka yang membutuhkan. Karena untuk menjadi seorang penyelamat, kita tak harus menjadi dokter. Cukup dengan meluangkan waktu 10 menit, 750ml darah, maka kita dapat memberi harapan bagi mereka.

Oleh: Aditya Putra, NRA. GV-271/XXX

stiker-dondar-16

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s