HARI GUNUNG SEDUNIA

DIRIMU YANG TAK LAGI LESTARI…

Tanggal 11 Desember diperingati sebagai hari gunung internasional atau World Mountain Day yang dicetuskan oleh PBB sejak tahun 2003. Tentu saja bukan tanpa alasan dicetuskan hari gunung sedunia. Gunung merupakan sumber ekosistem yang sangat besar, baik tumbuhan maupun hewan. Berbagai tumbuhan yang dapat dikonsumsi pun cukup banyak yang dapat ditemukan di daerah pegunungan. Hewan-hewan langka yang merupakan endemik dari suatu daerah juga banyak ditemukan di daerah pegungan maupun lereng hutan di sekitarnya. Maka dari itulah, kepedulian akan pentingnya fungsi ekosistem di gunung maupun pegunungan menjadi alasan perlunya  dicetuskan World Mountain Day.

upload1
Sumber mata air Sendang Drajat, Gunung Lawu

Pegunungan juga merupakan sumber air tawar yang paling besar karena sumber mata airnya yang dapat kita nikmati hingga hari ini. Selain itu, berbagai macam tumbuhan yang dapat kita konsumsi sebagian juga hanya dapat bertumbuh di daerah dingin. Selain dari fungsi ekosistem tersebut, gunung sekarang ini juga menjadi sumber penghasilan yang besar, dengan adanya wisata mendaki gunung, mengingat mendaki gunung sudah menjadi tren akhir-akhir ini. Sumber pendapatan pemerintahan daerah pun meningkat sejak adanya wisata mendaki gunung. Terlebih lagi, media sosial seakan menjadi pemicu khalayak ramai untuk semakin tertantang untuk mencoba menaklukan puncak-demi puncak.

Namun, yang menjadi keprihatinan adalah kondisi dari gunung itu sendiri. Eksploitasi tambang besar-besaran, deforestasi atau penebangan pohon secara masiv, perburuan hewan langka, ditambah dengan perubahan iklim yang sangat ekstrem membuat kondisi gunung dan pegunungan yang sekarang ini mulai luntur kelestaariannya. Terlebih lagi, adanya pendaki yang tidak bertanggung jawab. Yang datang membawa makanan dan turun meninggalkan sampah; membuat sumber api yang terlalu besar hingga menyebabkan kebakaran; vandalisme dengan mencorat-coret bahkan merusak keasrian gunung, menjadi problematika utama yang butuh perhatian besar dari kita semua. Hewan-hewan daerah gunung dan pegunungan pun dapat saja lari dari habitat asli mereka dan turun ke daerah jalur pendakian atau bahkan pemukiman karena kerusakan tempat tinggal mereka. Adalah kita juga yang seharusnya menanamkan sikap peduli pada lingkungan sekitar kita, khususnya lingkungan gunung dan pegunungan yang akhir-akhir ini sering menjadi pusat perhatian karena kondisinya yang makin memprihatinkan.

img_3755
Kebakaran di area Gunung Lawu karena api unggun yang terlalu besar

Tak sulit sebenarnya, hanya saja butuh niat yang besar untuk merubah kondisi gunung yang sudah tak lagi asri. Jika anda adalah seorang pendaki gunung, maka SOP (Standart Operational Procedure) merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan sejak sebelum berangkat. Kesadaran akan pentingnya keselamatan diri sendiri dan lingkungan adalah kunci utama untuk memperbaiki lestarinya gunung yang akan kita daki.  Hanya dari satu hal sederhana tersebut, kita dapat merubah sedikit demi sedikit kondisi gunung yang kini mulai rapuh. Namun sulit jika yang memiliki kesadaran hanya beberapa orang saja. Butuh kesadaran bagi semua orang, khususnya para pendaki gunung.

img_0179
Sabana hijau Gunung Argopuro yang masih sedikit terjamah pendaki

Mulai dari hari ini hingga seterusnya, perbaiki sikap kita yang acuh tak acuh terhadap lingkungan kita. Karena dengan asrinya lingkungan kita, akan berdampak pada ekosistem dan siklus rantai makanan yang ada, dan mempengaruhi sumber hayati dan nabati bagi kita semua, yang pada akhirnya akan berdampak besar bagi kesejahteraan manusia itu sendiri. Jadi, selalu terapkan slogan “Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, dan jangan bunuh apapun kecuali waktu” setiap kali kita bepergian.

Oleh: Aditya Putra, NRA. GV-271/XXX

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s