LOMBA PANJAT JANAGIRI

LOMBA PANJAT JANAGIRI UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA

MENGGAPAI POINT DEMI POINT

Pada Sabtu-Minggu, 10-11 Desember 2016, Mahasiswa Pecinta Alam Janagiri Universitas Janabadra Yogyakarta mengadakan Lomba Panjat Dinding Nasional (LPDN). Dalam kegiatan tersebut kami dari pihak GOVA mengajukan dua orang pemanjat untuk ikut serta dalam Lomba Panjat Janagiri Universitas Janabadra Yogyakarta ini serta didampingi oleh satu official. Dua pemanjat dari Gova yang ikut serta dalam lomba ini adalah Dewangga Bangun dan Fatimah, serta Luthfan Hibatul sebagai official.

Sebelum lomba, wakil kami selalu melakukan latihan rutin yang dilakukan dengan melatih kekuatan tangan dengan berlatih boulder, wallclimbing, push-up, pull-up, dan lain-lain yang dapat mendukung dan meningkatkan kemampuan pemanjat.

lomba-panjat-lpdn-2016-2
Technical meeting sebelum lomba dimulai

Rangkaian kegiatan dalam lomba ini dimulai dengan Technical Meeting pada hari Jumat, 9 Desember 2016 pukul 19:00 WIB di Universitas Janabadra. Dalam technical meeting ini pihak panitia memaparkan semua sistem perlombaan LPDN ini. Dalam Technical Meeting ini dijelaskan pula bagaimana sistem penilaian perlombaan, serta apa saja yang menyebabkan pesrta didiskualifikasi dari perlombaan. Technical meeting ini berlangsung selama 2 jam, kemudian pada pukul 21:00 WIB para peserta melakukan registrasi ulang serta melengkapi formulir pendaftaran yang disertai fotocopy KTP,  foto 3×4, dan materai 6000. Setelah melakukan registrasi ulang peserta pun melakukan perjalanan menuju Asrama Mahasiswa Universitas Janabadra untuk beristirahat. Sesampainya di asrama, kita dipersilakan untuk memilih kamar untuk kita sendiri, dan satu kamar dapat digunakan oleh 4 orang peserta atau official. Kami pun dapat beristirahat dengan nyaman karena fasilitas yang cukup memadai.

lomba-2
Peserta yang bersiap melakukan pemanjatan

Pada Sabtu pagi, 10 Desember 2016 seluruh peserta melakukan persiapan, dan mendapatkan konsumsi dari panitia. Kemudian dilanjutkan upacara pembukaan perlombaan pada pukul 08:00 WIB, dan dibuka oleh Pembimbing Mapala Janagiri. Setelah melakukan upacara pembukaan, seluruh peserta dan pihak panitia melakukan persiapan lomba. Jalur di dinding yang akan digunakan untuk melakukan pemanjatan pun mulai dipasang.  Setelah jalur sudah selesai terpasang, lomba dimulai pada pukul 09:30 WIB, dan diawalai dari kategori Lead Mapala Putra. Dalam kategori Lead Mapala Putra inidari pihak GOVA diwakili Dewangga Bangun, dan melakukan pemanjatan pada urutan ke-30 dari 34 peserta dalam kategori ini. Setelah kategori Lead Mapala Putra, dilanjutkan kategori Lead Pelajar Putra. Pemanjatan sesi pertama ini selesai pada pukul 13:00 WIB. Kemudian panitia melakukan perubahan jalur yang akan digunakan untuk pemanjatan kategori Lead Mapala Putri. Pada pukul 15:00 WIB lomba dilanjutkankembali dan diawali dari kategori Lead Mapala Putri. Dalam kategori ini pihak GOVA diwakili oleh Fatimah yang melakukan pemanjatan pada urutan ke-9 dari 12 peserta. Semua pemanjatan selesai pada pukul 17:30 WIB, setelah semuanya selesai pengumuman lomba akan dibacakan pada pukul 18:00 WIB.

Walau dalam Lomba Panjat Dinding Nasional ini dua perwakilan dari pihak  GOVA tidak mendapatkan juara, namun kami tetap berbangga karena dapat berpartisipasi dalam Lomba Panjat Dinding Nasional yang diadakan oleh Mapala janagiri ini.

lomba-3
Anggota GOVA, yaitu Fatimah yang sudah mencapai setengah pemanjatan

Selain itu bagi salah satu perwakilan kami yaitu Fatimah, ini merupakan pengalaman pertama baginya dalam mengikuti lomba panjat dinding. Maka dari itu lomba ini justru dapat kami gunakan sebagai acuan untuk lomba-lomba selanjutnya, supaya kami dapat terus memperbaiki kualitas kami sendiri. Seperti jargon dalam LPDN Janagiri ini, yaitu “Pantang Pulang Sebelum Bersaudara”, maka bagi kami sudah dapat berpartisipasi dalam lomba ini justru mendapat saudara-saudara baru merupakan sesuatu yang lebih berharga.

Oleh: Fatimah, AMGV/XXXIII

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s