BERSIH GUNUNG LAWU BERSAMA ATWAPALA

BERSIH GUNUNG LAWU BERSAMA ATWAPALA

JANGAN BIARKAN BUMI USANG KARENA SAMPAH YANG TAK TERURAI TANAH!

Pada tanggal 3-4 Desember 2016 kemarin, diadakan acara bersih gunung Lawu oleh mapala Akademi Teknik Warga (ATW) yaitu Atwapala. Tujuan dari acara bersih gunung Lawu bersama Atwapala ini adalah untuk mengajak kita pecinta alam untuk tak hanya menjadi penikmat alam, tapi juga peduliakan akan kebersihan alam yang menjadi tempat kita belajar dan bernaung. Dari GOVA sendiri ada 2 Anggota yang berpartisipasi, yaitu Ferry Zulaiha, GV-276/XXXI dan Rudyani Swesti H, GV-279/XXXI. Pukul 14.00 WIB tanggal 03 Desember 2016, kami berangkat menuju basecamp Atwapala. Sesampainya disana kami mengikuti upacara pemberangkatan sampaipukul 15.00 WIB. Setelah itu kami prepare terlebih dahulu sebelum keberangkatan kami menuju Basecamp Cemoro Sewu. Kegiatan bersih gunung ini diikuti oleh Mapala Se-Solo Raya dan mahasiswa ATW sendiri. Peserta yang ikut kuranglebih 55 peserta.

Pukul 15.30 WIB kami berangkat menuju basecamp Cemoro Sewu menaiki mobil Kodim. Di perjalanan kami saling bertukar cerita dan bercanda tawa. Kami sampai di Cemoro sewu pukul 18.00 WIB. Disana sudah disiapkan tempat untuk kami beristirahat di Campground Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu. Saat itu turun hujan, namun tak begitu deras. Pendakian saat itu ditutup karena cuaca yang ekstrim di atas. Sembari kami beristirahat, acara dilanjutkan dengan hiburan live music yang telah disiapkan oleh panitia dan peserta saling memperkenalkan diri satu persatu. Acaranya sangat menyenangkan, apalagi kita disuguhi teh hangat dan camilan ringan. Karena waktu sudah menunjukan pukul 23.30 WIB, kami melanjutkan untuk beristirahat karena besok pagi kami akan melalukan bersih gunung Lawu sampai pos 3.

Minggu, 04 Desember 2016 pukul 04.30 WIB, kami sudah dibangunkan oleh panitia untuk melakukan senam pemanasan sebelum melakukan pendakian. Pukul 06.00 WIB kami sarapan bersama di barak tempat kami beristirahat. Hawanya sangat dingin pagi itu. Setelah kami sarapan dan sudah berganti baju, pukul 06.30 WIB kami berkumpul untuk pembagian kelompok. Saya mendapat tugas untuk membersihkan sampah di pos 1 dan Swesty di pos 2. Setelah pembagian kelompok, kami langsung melakukan pendakian menuju pos masing-masing. Awalnya, sesampai di pos 1 kami tidak begitu menemukan banyak sampah. Namun ternyata terdapat sampah di belakang pos 1 yang ditimbun cukup banyak. Kami segera mengumpulkan semua sampah menggunakan trashbag yang telah disediakan oleh panitia.

Persiapan pemberangkatan peserta menuju pos 1-pos 3 Gunung Lawu

Saat itu cuaca tidak stabil. Sempat terjadi hujan meskipun tak begitu lebat. Kami turun menunggu kelompok dari pos 2 dan pos 3. Sekitar pukul 12.00 WIB, kelompok dari pos 3 sudah turun menuju pos 2. Pukul 14.00 WIB semua sudah kumpul di pos 1. Kami langsung turun menuju basecamp dengan membawa sampah yang telah kami ambil dari tiap pos. sekitar pukul 14.40 WIB kami sampai di basecamp dan beristirahat sejenak. Cuaca saat itu gerimis dan berkabut. Pukul 15.00 WIB kami makan bersama terlebih dahulu sebelum kembalike Solo. Alangkah leganya kami sudah membawas ampah yang dibuang oleh para penikmat alam yang tak mau menjaga kelestariannya. Setelah makan, acara selanjutnya adalah upacara penutupan. Meskipun cuaca berkabut, namun upacara tetap dilaksanakan. Selesai upacara ada lagi acara sebelum kami pulang menuju basecamp Atwapala, yaitu pembagian doorprize dan merchandise. Dengan penutupan tersebut, acara bersih gunung Lawu bersama Atwapala pun  telah selesai.

Perjalanan menuju pos 1 – pos 3

Pukul 17.00 WIB, kami pulang menuju basecamp Atwapala menaiki truk Kodim seperti kemarin. Di dalam truk kebanyakan dari kami tidur karena lelah dan mengantuk. Sesampainya di basecamp sekitar pukul 19.00 WIB, kami beristirahat sejenak sembari menceritakan pengalaman kami selama melakukan bersih gunung.

membersihkan sampah ( pos 1 )

Sungguh pengalaman bersih gunung Lawu bersama Atwapala yang mengesankan. Selain kami berkesempatan untuk membersihkan gunung dari sampah ulah para penikmat alam yang tak bertanggung jawab, kami juga mendapatkan pengalaman baru dan teman baru.