LOMBA METALA ORIENTEERING COMPETITION II

LOMBA METALA ORIENTEERING COMPETITION II

PERJUANGAN YANG BERBUAH MANIS

Lomba Metala Orienteering Competition II (MOC II) Tingkat Nasional 2016, merupakan perlombaan Orienteering kali ke-2 yang diadakan oleh METALA (Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta setelah kali pertamanya diadakan pada tahun 2015. Kompetisi ini diharapkan menjadi ajang bergengsi bagi pada orienteer untuk menambah jam bertanding sekaligus mencetak orienteer baru yang cakap dalam bernavigasi dan berstrategi.

dscn9966
Garis pemberangkatan peserta lomba

Lomba MOC II ini dihadiri oleh 60 tim yang terbagi menjadi 3 kategori. Yaitu 30 tim dari kategori Putra Senior, 17 tim dari kategori Umum Putri, dan 13 tim dari kategori Putra Junior. Gopala Valentara mendelegasikan 1 tim untuk kategori Putra Junior yang terdiri dari 2 orang dengan 2 official. Berikut adalah perwakilan MOC II dari Gopala Valentara:

  1. Timotius Clement
  2. Dewangga Bangun
  3. Tamara Adita Putri (Official)
  4. Rudyani Swesti Hapsari (Official)

Kami mengetahui lomba ini dari surat undangan yang diberikan langsung oleh METALA kepada Gopala Valentara. Setelah membaca surat undangan tersebut, keesokan harinya kami langsung menuju ke Sekretariat METALA yang berada di Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mendaftarkan diri sebagai peserta. MOC II berlangsung pada tanggal 15-16 Oktober 2016. Kami berangkat dari sekretariat Gopala Valentara pukul 15.00 WIB tanggal 15 Oktober 2016 menuju SMPN 02 Jenawi, Karanganyar. Kami sampai di sana pukul 16.30 dan segera masuk ke ruang kelas yang sudah disediakan oleh panitia sebagai tempat istirahat para peserta lomba. Pukul 19.00 WIB kami mengikuti Technical Meeting yang diadakan di salah satu ruang kelas. TM berlangsung hingga pukul 20.30 WIB. Pukul 21.30 WIB kami beristirahat untuk mempersiapkan fisik.

dscn9965
Suasana sebelum perlombaan dimulai

Keesokan harinya, lomba dimulai pukul 07.00 WIB pada tanggal 16 Oktober 2016. Jalur lintasan lomba kala itu adalah medan yang berbukit-bukit dengan point yang tersebar di seluruh penjuru desa. Waktu yang disediakan oleh panitia yaitu 4 jam. Namun tim kami mengakhiri lomba dengan catatan waktu 3 jam 28 menit dan berhasil mendapatkan 1.615 point dari total 3.000 point yang tersedia. Pada saat pengumuman, tim kami yang bernama “Lavale” berhasil menduduki peringkat ke-2. Dimana peringkat 1 diperoleh SMKN 1 Miri, Sragen. Setelah pengumuman dan upacara penutupan berlangsung, kami langsung kembali menuju Sekretariat Gopala Valentara.

dscn9978
Timotius Clement dan Dewangga Bangun dengan nomor peserta 038

Dalam Lomba Metala Orienteering Competition II ini, tim kami juga mengalami beberapa kendala. Beberapa diantaranya adalah latihan fisik yang kurang intensif, sehingga kami mudah lelah ketika lomba berlangsung. Seandainya saja kami melakukan latihan fisik yang lebih giat, kandidat juara I mungkin saja dapat kami peroleh. Namun kami tetap bersyukur gelar juara dapat kami dapatkan dalam lomba kali ini. Untuk lomba kedepannya, kami haru memperbanyak latihan fisik, minimal 2 minggu sebelum lomba berlangsung. Pola makan dan pola tidur pun harus selalu diatur. Komunikasi terhadap rekan 1 tim pun harus selalu dijaga untuk membangun rasa saling memiliki. Hal ini dibutuhkan dalam setiap kegiatan agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar. Semoga untuk kegiatan lomba kedepannya kami mendapatkan peringkat yang lebih baik lagi, tentunya dengan persiapan yang harus memadai juga. Amin.

Oleh: Timotius Clement, NRA. GV-287/XXXII

dscn9988

dscn9991
Akhirnya team GOVA mendapatkan gelar juara lagi gank!
Iklan

Satu respons untuk “LOMBA METALA ORIENTEERING COMPETITION II

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s