DIKLANTAP TEBING TERJAL

JANGKAR SEGORO SIUNG

Diklatsar ke-XXXIII Gopala Valentara pun telah berlalu. Kini, saatnya bagi para Anggota Muda untuk melaksanakan tahapan selanjutnya, yaitu diklantap. Berdasarkan keputusan para anggota Gopala Valentara, diklantap tebing terjal mendapatkan jadwal pertama dalam pelaksanaannya dibandingkan tiga diklantap lainnya, yaitu diklantap air, caving, dan gunung hutan. Diklantap tebing terjal sendiri dilaksanakan selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 16-18 Desember 2016. Sebelum hari H tiba, para Anggota Muda telah melakukan beberapa kali latihan panjat, entah itu di boulder, wallclimbing, maupun di tebing tempat diklatsar dulu, yaitu di Karanglo. Tak lupa, refresh materi dan proses pemenuhan alat-alat yang kurang pun telah dilakukan.

Briefing sebelum keberangkatan

Hari yang dinanti-nantikan pun telah tiba. Jum’at, 16 Desember 2016, anggota maupun Anggota Muda Gopala Valentara sama-sama tak sabar untuk sampai di lokasi yang akan dituju, yaitu Pantai Siung yang terletak di Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul. Pukul 14.00-14.30 WIB, packing logistik dilakukan oleh enam Anggota Muda yang akan mengikuti diklantap tebing terjal, yaitu Zaqy, Rafly, Tari, Fatim, Ida, dan saya sendiri.  Malam sebelumnya, packing alat-alat panjat telah dilakukan. Cuaca pun kurang begitu bersahabat. Kami pun harus menunggu hujan reda terlebih dahulu. Pukul 15.30 WIB, hujan mulai reda. Kami lalu melakukan briefing, pembagian boncengan, pembacaan list alat, evaluasi, dan tak lupa berdoa bersama sebelum berangkat. Kami lalu berangkat dari kampus pukul 16.00 WIB. Dikarenakan hujan turun kembali, kami lalu berhenti di SPBU Sekar Pace untuk menggunakan jas hujan sekalian mengisi bahan bakar motor kami.

Sekitar pukul 18.55 WIB, kami telah sampai di Pantai Siung. Kami lalu mulai membuat bivak dan juga memasak untuk makan malam kami. Pukul 21.15 WIB, kami melakukan refresh materi juga evaluasi. Sebelumnya, salah satu pemateri kami, yaitu kak Luthfan, juga membacakan tata tertib yang harus dipatuhi para Anggota Muda. Setelah selesai, kami pun tidur sekitaran pukul 22.30 WIB.

Pemanasan sebelum pemanjatan dimulai

Sabtu, 17 Desember 2016 pukul 05.15 WIB, kami bangun dan langsung membongkar bivak juga memasak untuk sarapan kami. Pukul 06.00 WIB, Rafly melakukan survei tebing juga pemasangan bendera merah putih dan bendera Gova bersama kak Luthfan. Pukul 06.40 WIB, kami sarapan. Kami lalu packing dan mandi secara bergantian. Setelah semuanya siap, pukul 08.30 WIB, kami lalu berangkat menuju tebing dan langsung check list alat. Selanjutnya kami melakukan refresh materi dan pemanasan bersama. Kami pun dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari Zaqy, Fatim, dan Tari, melakukan pemanjatan di tebing E. Sedangkan kelompok kedua, yaitu Rafly, Ida, dan saya, melakukan pemanjatan di tebing D. Setelah setiap orang di masing-masing kelompok mencoba, kedua kelompok lalu bertukar posisi dalam pemanjatan tebing, yaitu kelompok pertama di tebing D dan kelompok kedua di tebing E. Sangat disayangkan, kami berenam tidak bisa mencapai top di kedua tebing tersebut. Sekitar pukul 12.45 WIB, kami lalu mengumpulkan alat-alat menjadi satu karena selanjutnya kami berenam akan mencoba tebing yang sama, yaitu tebing D namun dengan jalur yang berbeda. Selanjutnya kami beristirahat dan makan siang.

Refresh materi dan pengenalan alat bersama pemateri

Di pemanjatan yang ketiga ini, kami ditargetkan oleh pemateri untuk mencapai top semua. Kami pun melakukannya dengan urutannya yaitu Rafly, Zaqy, Ida, saya, Tari, dan terakhir Fatim. Sesuai target, kami semua berhasil mencapai top dan melakukan climb down. Pukul 16.15 WIB, kami lalu check list alat, packing, lalu kembali ke basecamp. Sesampainya di bibir pantai, kami lalu memilih tempat untuk mendirikan bivak kembali. Setelah itu, kami mandi, masak, dan makan malam bersama. Pukul 20.40 WIB, kami refresh materi dan evaluasi. Setelah itu kami pun tidur.

Minggu, 18 Desember 2016, merupakan hari terakhir pelaksanaan diklantap tebing terjal kami. Kami bangun tidur pukul 05.00 WIB dan langsung membongkar bivak dan masak seperti biasanya. Seperti pagi sebelumnya, Rafly dan kak Luthfan kembali melakukan survei tebing dan pemasangan bendera merah putih dan bendera Gova di tebing yang akan kita panjat nantinya. Pukul 06.00 WIB, kami pun sarapan, bergantian membersihkan diri, dan packing. Setelah semuanya siap, kami pun menuju tebing. Seperti biasa, sebelum melakukan pemanjatan, kami check list alat, refresh materi, dan pemanasan terlebih dahulu. Hari itu kami melakukan pemanjatan di tebing D lagi, namun kali ini top-nya benar-benar di atas tebing dengan terasnya ada tiga, bukan hanya top di teras satu seperti sebelumnya.

DCIM102MEDIA
AMGV yang memanjat menuju top tebing Siung

Pemanjatan pun dimulai pukul 09.06 WIB. Rafly pun kembali menjadi yang pertama melakukan pemanjatan, yaitu sebagai leader, sedangkan Zaqy menjadi sweepernya.Dikarenakan menggunakan teknik penambatan, maka setiap yang sudah sampai di teras satu, akan menjadi belayer bagi pemanjat kedua, dan begitu seterusnya sampai teras ketiga atau top. Pemanjat terakhir, yaitu Zaqy, mencapai top pada pukul 16.42 WIB. Kami semua pun berhasil mencapai top dan berfoto bersama di puncak tebing dengan bendera merah putih dan bendera Gova di depan kami. Kami pun lalu turun ke bawah dan seperti biasa, check list alat, packing, evaluasi, dan pembacaan laporan perjalanan hari itu. Kami juga langsung melaksanakan konsekuensi kami. Kami lalu memberi nama diklantap tebing terjal kami dengan nama “Jangkar Segoro Siung”. Setelah istirahat sebentar di tempat parkir motor, kami lalu pulang menuju Solo.