LOMBA ORIENTEERING BRAHMAHARDIKA XIX

LOMBA ORIENTEERING BRAHMAHARDHIKA XIX

ORIENTEERING IS A SMART RUNING

 

Selain lomba kebut merapi, saya juga pernah mengikuti lomba orienteering Brahmahardhika yang ke 19. Lomba orienteering ini rutin diadakan oleh mapala Brahmahardhika FKIP UNS. Ini adalah lomba orienteering pertama saya. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 13-14 Agustus 2016 di daerah Ngargoyoso, Karanganyar.

Pada lomba orienteering ini, Gopala Valentara menurunkan 1 tim yang terdiri dari 2 orang dengan 3 official, yaitu Indah, Angga, dan Bayu. Berikut adalah peserta Lomba Orienteering Brahmahardhika dari Gopala Valentara:

  1. Timotius Clement
  2. Faradian Ilham

Pada lomba ini, saya mengisi formulir yang didapatkan dari surat undangan. Saya dan Ilham mengikuti Technical Meeting yang dilaksanakan di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada tanggal 13 Agustus 2016 pukul 15.00 hingga pukul 16.30. Setelah melaksanakan Technical Meeting, para peserta menaiki mobil truck yang sudah disediakan oleh panitia untuk menuju ke lokasi lomba. Kami sampai di lokasi lomba pukul 20.00. Para peserta bermalam di tempat yang sudah disediakan panitia, yaitu di Sekolah Dasar Negeri 01 Gumeng. Para peserta lomba, tidur di ruangan kelas tersebut. Sesampainya disana, official langsung membuat makan malam. Kami pun makan dan beristirahat pukul 22.30.

img-20160815-wa0000
Peserta lomba dan Official GOVA

Saya dan Ilham bangun pukul 05.40. Ketika kami bangun, official sedang menyiapkan sarapan untuk kami. Lomba dimulai pukul 07.00 dan diawali dengan upacara pembukaan. Selama lomba berlangsung, kami bisa menikmati keindahan alam di desa sekitar. Jalanan yang menanjak dan berupa tanah merupakan tantangan tersendiri bagi kami. Tidak jarang kami terpeleset karena kondisi tanah yang licin. Kami berhasil mengakhiri lomba sebelum waktu yang telah ditentukan. Dan kami berhasil menempati peringkat 8 dari 49 peserta. Ini merupakan hasil yang sangat membanggakan bagi saya.

Lomba Orienteering Brahmahardhika
SELAMAT UNTUK PARA PEMENANG LOMBA ORIENTEERING BRAHMAHARDHIKA XIX!

Dalam lomba orienteering ini saya dan rekan 1 tim saya menemui beberapa kendala. Salah satu diantaranya adalah fisik yang kurang kuat dikarenakan latihan hanya 1 minggu sebelum lomba berlangsung dan latihan tidak maksimal. Ini juga merupakan lomba orienteering pertama saya, sehingga saya belum mengetahui gambaran umum mengenai lomba orienteering.

Walaupun tim kami tidak masuk peringkat 3 besar, namun kami mendapat pelajaran berharga tentang kekompakan dan keahlian dalam bernavigasi. Kami juga dapat menikmati indahnya pemandangan desa sekitar.

Oleh : Timotius Clement GV-287/XXXIII

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s