ORGANISASI MAHASISWA, PERWUJUDAN NYATA UNS BERBUDAYA KERJA ACTIVE!

ORGANISASI MAHASISWA, PERWUJUDAN NYATA UNS BERBUDAYA KERJA ACTIVE!

ORGANISASI SEBAGAI PELATIHAN INTUISI MAHASISWA

Tepat 11 Maret 2017, Universitas Sebelas Maret Surakarta atau nama beken-nya UNS Solo menginjak usia 41 tahun. Usia yang masih sangat muda bagi dunia Pendidikan Tinggi di Indonesia. Kampus yang terletak di Jalan Ir. Sutami no. 36A ini, mengalami berbagai perkembangan pesat baik dibidang infrastruktur, sistim akademik, aktifitas mahasiswa, dan masih banyak lagi.

Muda bukan berarti tanpa prestasi. Hal tersebutlah yang ingin ditunjuk segenap Civitas Akademika UNS. Berdasarkan pemeringkatan yang telah dilakukan oleh 4 International College and University (4ICU) pada 13 Juli 2016 silam menempatkan UNS sebagai perguruan tinggi terbaik ke-3 di Indonesia, peringkat 6 versi Webometrics, dan yang tak kalah penting memperoleh pengakuan Ditjen Dikti dalam pemeringkatan Student Performmatrics sebagai ranking 2 PTN se-Indonesia yang didasarkan pada akumulasi prestasi mahasiswa di berbagai kegiatan bidang ko dan ekstra kurikuler. Prestasi ini merupakan pengakuan bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UNS telah dikelola secara sehat.

Segala prestasi yang diterima tidak didapat dengan cuma-cuma. Semua berkat penanaman budaya kerja ACTIVE kepada segenap Civitas Akademika, baik dijajaran pimpinan universitas, dosen, karyawan, serta mahasiswa. Budaya yang dicetuskan oleh Rektor UNS Prof. Ravik Karsidi ini merupakan akronim dari Achievment Orientation, Customer Satisfaction, Teamwork, Integrity, Visionary, dan Entrepreunership.

LOMBA METALA ORIENTEERING COMPETITION II
Salah satu bentuk Achievment Orientation, yaitu prestasi di bidang orienteering

Achievment Orientation (Orientasi Berprestasi) merupakan kemampuan untuk bekerja dengan baik dan melampaui standar prestasi yang ditetapkan,  berorientasi pada hasil dan terus menerus melakukan upaya untuk meraih keunggulan dalam segala bidang yang ditekuni. Customer Satisfaction yang dalam bahasa Indonesia berarti kepuasaan bagi pengguna jasa, mengartikan bahwa segenap Civitas Akademika UNS dapat memberikan kemampuan terbaiknya guna memenuhi kebutuhan orang lain dengan cepat tanggap, proaktif dan terbuka. Poin ketiga yakni Teamwork (kerjasama tim) yang sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama, sebab setiap orang dalam sebuah  organisasi/tim memiliki peran dan kemampuan yang berbeda-beda, bila disinergikan dapat membangun organisasi menjadi lebih besar, dan juga jika ada yang tidak menjalankan perannya dapat membuat suatu ketimpangan.

IMG_7755
Salah satu poin Customer Satisfaction, yaitu donor darah bersama PMI

Satu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang adalah integritas (Integrity). Integritas tidak sama dengan berkata jujur, lebih dari itu integritas merupakan kemampuan mengkomunikasikan maksud, ide, dan perasaan secara terbuka dan langsung, serta dapat menerima keterbukaan dari kejujuran, sekalipun dalam negosiasi yang sulit dengan pihak lain. Visionary (visioner) adalah kemampuan menetapkan sasaran baru ketika target yang ditetapkan telah tercapai dan orientasi jangka panjang. Kemampuan menyesuaikan perubahan lingkungan dan mudah menerima perubahan dalam institusi. Hal tersebut sangat penting ditanamkan bagi seluruh mahasiswa. Dengan adanya visi (tujuan) yang jelas, setiap mahasiswa diharapkan dapat menemukan arah perubahan bagi kemajuan bangsa melalui perbaikan secara terus menerus, melakukan inovasi, serta meningkatkan reputasi baik personal maupun kelembagaan.

833
Teamwork yang terwujud lewat gerakan bersih danau UNS oleh Mapala UNS Bersatu
IMG_2209
Integrity, untuk menunjang nilai-nilai etik tiap organisasi

Nilai terakhir dari Budaya Kerja UNS ACTIVE ialah Entrepreneurship (jiwa wirausaha). Setiap mahasiswa diharapkan dapat menjadi Job Creator (pembuat lapangan kerja) bukan Job Seeker (pencari kerja) sebab sebagai agen perubahan, mahasiswa harus dapat memberikan manfaat/nilai tambah minimal bagi lingkungan disekitarnya. Tidak melulu menjadi seorang wirausaha, lebih dari itu nilai dasar dari jiwa wirausaha yakni sifat kemandirian, semangat pantang menyerah dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar itulah yang harus dipupuk bagi setiap mahasiswa.

DSC09446
Visionary yang terwujud dalam display UKM, untuk melaksanakan visi regenerasi UKM
60
Penambahan nilai-nilai kehidupan di masyarakat sebagai pelaksanaan Enterpreneurship

Slogan UNS Active tetap akan menjadi akronim bila tidak ditanamkan dan diasah. Sejatinya budaya kerja ini dapat dilatih mahasiswa melalui organisasi mahasiswa (UKM), yang merupakan wadah pembelajaran tak terbatas sebelum mahasiswa terjun langsung ke dunia nyata (masyarakat) –bukan dunia kampus yang membicarakan teori dan teori. Dengan masuknya seorang mahasiswa kedalam UKM, mau tidak mau mereka dituntut setiap harinya untuk selalu berinteraksi, berkomunikasi serta melakukan aksi nyata baik bagi kehidupan organisasi, masyarakat, serta mahasiswa itu sendiri. Dengan mengikuti UKM jugalah, mahasiswa dapat menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang Ketiga yakni Pengabdian Masyarakat. Jadi sudah ACTIVE kah kita?

Oleh: Bayu Haritia, NRA. GV-266/XXX

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s