HARI AIR SEDUNIA 2017

HARI AIR SEDUNIA 2017

WHY WASTE WATER?

 

22 Maret 2017 besok merupakan peringatan hari air sedunia.  Hari air sedunia merupakan perayaan sebagai usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran masyarakat untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan dan berjangka panjang. Hari air sedunia dicetuskan di sidang umum PBB ke-47 pada tahun 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Tema hari air sedunia yang ke-25 yang ditetapkan oleh World Health Organizatin (WHO), yaitu badan yang bergerak di bidang kesehatan di ranah internasional adalah “WHY WASTE WATER” yang berarti mengapa kita membuang-buang air.

Berdasarkan fakta, lebih dari 600 juta orang yang ada di dunia mengalami krisis air bersih berkepanjangan, kesulitan mencari sumber air dari tempat mereka; yang menyebabkan puluhan jam waktu mereka terbuang sia-sia untuk mencari sumber air. Belum lagi, sebagian besar masyarakat menggunakan air yang terkontaminasi bakteri dan polutan untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi, mencuci, kakus, bahkan untuk keperluan makan dan minum. Hal tersebut tentu akan merembet pada kesehatan masyarakat yang berkurang, yang merembet lagi ke faktor perekonomian masyarakat. Bahkan, hampir 5000 orang di Somalia meninggal karena krisis air bersih pada 2016 lalu. Bayangkan betapa pentingnya peranan air bersih bagi kehidupan di bumi ini.

DCIM102MEDIA
Betapa sulitnya air bersih dicari di berbagai belahan dunia

Air sisa yang terbuang dari rumah, industri pabrik, maupun unit-unit pengelolaan tertentu tidak terkelola dengan baik. Pembangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) yang kurang terurus bahkan belum memiliki pengelolaan sama sekali menyebabkan air sisa akan terbuang sia-sia, dan mungkin saja terjadi kontaminasi terhadap air sisa atau waste water tersebut oleh polutan dan zat-zat berbahaya yang menyebabkan keracunan. Air sisa dari rumah maupun industri pabrik akan mengalir ke sungai dan siklus aliran air lain, lalu bermuara kembali ke lautan, dan dari lautan lepas lah sungai-sungai yang belum tercemar akan terkena dampaknya pula. Alhasil, dampak masif pencemaran akan dirasakan masyarakat luas.

DCIM102MEDIA
Skema pembuangan waste water menuju ke IPAL

Sebenarnya langkah untuk mengantisipasi waste water adalah dengan pengelolaan air yang baik. Pembangunan IPAL sendiri sebenarnya sudah banyak diterapkan di kota-kota besar di Indonesia. Namun, pengelolaannya di daerah-daerah industri terkadang tidak begitu diperhatikan. Inilah yang menjadi sumber permasalahannya. Jika waste water dapat dikelola dengan baik, tentu saja pemanfaatan dari waste water tersebut dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, salah satunya adalah untuk pengairan atau irigasi. Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang dapat dikelola hingga zat polutan yang mengalir didalamnya tidak berdampak buruk pada tanaman. Hal tersebut dapat mempengaruhi kenaikan hasil perekonomian masyarakat dan peningkatan kesehatan masyarakat. Walaupun penerapan pengolahan air sisa sangat penting dilakukan, namun langkah yang paling penting yaitu mencegahnya, dengan cara penghematan air. Gunakanlah air dengan sewajarnya, tutup keran air rapat-rapat, dan jangan biarkan air menetes dengan sia-sia.

DCIM102MEDIA
Jangan sia-siakan air, karena sama saja Anda menyia-nyiakan nyawa!

Hari air sedunia sudah selayaknya menjadi renungan bagi kita semua. Dengan melakukan gerakan penghematan air, maka kita sudah menyelamatkan mereka yang mengalami krisis air bersih di dunia. Manajemen pengolahan air sisa yang baik juga akan menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan berbagai segi kehidupan. Dengan meminimalisir penggunaan air yang sia-sia, kita dapat memperbaiki ekosistem lingkungan yang tercemar.

SO, WHY WASTE WATER, IF SAVE IT MAY SAVE THE WORLD.

Oleh: Aditya Putra, NRA. GV-271/XXX

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s