GOPALA VALENTARA

STRUKTUR KEPENGURUSAN GOPALA VALENTARA

“STRUKTUR MERUPAKAN SUATU RANTAI, YANG SALING MENYAMBUNG”

Di dalam suatu organisasi, pasti terdapat suatu kepengurusan yang berfungsi sebagai penggerak roda organisasi dengan fungsinya yang berbeda-beda. Fungsi tersebut membentuk rantai yang saling menyambung antar satu pengurus dengan pengurus

yang lain agar membuat organisasi itu berjalan sebagaimana mestinya. Pengurus sendiri merupakan orang atau kelompok yang mengurus, merancang, memimpin, dan mengkoordinir tugas dan tanggung jawab sesuai masing-masing kepengurusan yang diemban.

Di dalam Gopala Valentara sendiri terdapat struktur kepengurusan yang dipimpin oleh seorang Ketua Umum, dimana Ketua Umum tersebut bertanggung jawab pada sidang pleno, yaitu sidang dimana Dewan Pengurus serta Balitbang Gopala Valentara memaparkan Laporan Pertanggungjawaban yang dilaksanakan selama setahun kepengurusan. Sidang pleno juga menentukan Ketua Umum Gopala Valentara yang baru. Balitbang sendiri merupakan singkatan dari Badan Penelitian dan Pengembangan sendiri merupakan suatu badan yang berdiri diluar struktur kepengurusan Gopala Valentara yang berfungsi untuk mengawasi kinerja pengurus dan memberi pertimbangan terhadap keputusan pengurus. Selain itu, Balitbang juga memiliki peran untuk mengembangkan organisasi Gopala Valentara.

img_0322.jpg
Contoh kinerja dari bidang I, yaitu Sie Dokumentasi

Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gopala Valentara, struktur kepengurusan Gopala Valentara terdiri dari 17 orang pengurus yang terdiri dari Pengurus Harian Terbatas, Bidang I, dan Bidang II. Pengurus Harian Terbatas merupakan pengurus yang memiliki garis tanggung jawab langsung dibawah Ketua Umum. Sedangkan Bidang I yaitu bidang yang bergerak di bidang keadministrasian, dan Bidang II sendiri bergerak di bidang kepencintaalaman yang dipimpin oleh Ketua Bidang I dan Ketua Bidang II. 5 pengurus dari Bidang satu betanggung jawab pada Ketua Bidang I, dan 5 orang pengurus Bidang II bertanggung jawab pada Ketua Bidang II.

Bidang II yang bergerak di bidang kepencintaalaman

Berikut adalah susunan kepengurusan Gopala Valentara:

struktur

Jadi, Pengurus Harian Terbatas terdiri dari 7 pengurus, yaitu :

  1. Ketua Umum
  2. Sekretaris Umum
  3. Wakil Sekretaris Umum
  4. Bendahara Umum
  5. Wakil Bendahara Umum
  6. Ketua Bidang I, dan
  7. Ketua Bidang II

Bidang I terdiri dari:

  1. Kepala Sie Arsip
  2. Kepala Sie Dokumentasi
  3. Kepala Sie Humas
  4. Kepala Sie Logistik, dan
  5. Kepala Sie Personalia

Sedangkan Bidang II terdiri dari:

  1. Kepala Divisi Air
  2. Kepala Divisi Gunung Hutan
  3. Kepala Divisi Lingkungan Hidup
  4. Kepala Divisi SAR & PP, dan
  5. Kepala Divisi Tebing Terjal & Caving

Jadi, Gopala Valentara merupakan suatu organisasi yang tidak hanya bergerak di bidang kepencintaalaman namun juga di bidang administrasi perkantoran. Dengan susunan struktur kepengurusan yang telah dipaparkan diatas, seluruh pengurus memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda yang memiliki garis tanggung jawab yang berbeda pula.

Oleh: Elinda Nur Hidayah, AMGV/XXXIII

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s