Latihan Navigasi Darat Bersama Gopala Valentara Dan Matrapala

MEMPERDALAM ILMU NAVIGASI DARAT BERSAMA MATRAPALA UNDIP

Latihan  Navigasi Darat Bersama Gopala Valentara Dan Matrapala

Salah satu job description yang ada di Kadiv Gunung Hutan adalah Peningkatan kualitas, baik kualitas pemahaman materi ilmu Navigasi Darat dasar ataupun Peningkatan Kualitas dalam kaderisasi atlet. Oleh karena itu saya sebagai Kadiv Gunung Hutan bekerja sama dengan Kak Clement, Kak Ilham, dan Kak Fajri mengadakan latihan bersama dengan Matrapala (Mahasiswa Sastra Pencinta Alam) Undip Semarang. Perwakilan Anggota dari Gopala Valentara berjumlah 4 orang yaitu, saya sendiri Rizky, Kak Clement, Kak Ilham, dan Kak Fajri, sedangkan perwakilan Anggota dari Matrapala Undip adalah Fadel, Dian, Roro, dan Kak Ahge. Pelaksanaan latihan bersama ini dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 14 April 2017 – 15 April 2017.

WhatsApp Image 2017-04-28 at 9.16.15 AM
Foto bersama anggota Gopala Valentara dengan Matrapala Undip

Kami Berangkat dari Sekretariat Gopala Valentara pada hari Jumat,  pukul 14.20. WIB yang telah didahului briefing dan doa sebelumnya menuju Rumah Pak Joko sebagai Basecamp sementara di daerah Tlogodlingo dan tempat parkir motor kami. Perjalanan kami sempat diuji dengan hujan deras dan angin kencang ketika di daerah Palur hingga lepas Alun-alun Karanganyar namun, tidak mematahkan semangat kami untuk belajar bersama. Cuaca berganti menjadi cerah saat kami tiba di daerah Karanglo, Karanganyar dan cuaca cerah berlanjut hingga di tujuan kami yaitu rumah Pak Joko di daerah Tlogodlingo. Kami akhirnya sampai di rumah Pak Joko pada pukul 15.37. WIB dan cuaca memang benar-benar cerah saat itu dan tampak Bukit BTN berdiri dengan megahnya dengan latar perladangan warga sekitar. Kami istirahat sejenak di rumah Pak Joko dan mempersiapakan diri untuk segera mencari tempat camp untuk hari pertama latihan ini.

Kami mulai berjalan mencari tempat camp pada pukul 16.15. WIB menuju daerah Samin. Pukul 16.30.WIB kami tiba di Samin dan kami melakukan praktek materi Resection untuk menentukan posisi kita dalam peta, yang sebelumnya sudah saya bagikan peta yang digunakan selama latihan bersama ini. Cuaca sangat mendukung saat itu sehingga membantu kami dalam melakukan praktek materi Resection dalam penentuan posisi kami di dalam peta. Kami selesai menerapkan materi resection pada pukul 17.37.WIB dan kami melanjutkan perjalanan untuk mencari tempat camp karena hari sudah gelap pada saat itu. Akhirnya kami mendapatkan tempat camp pada pukul 17..51.WIB dan segera mendirikan tenda, sebagian team juga membuat api unggun untuk media penghangat bagi kami. Setelah mendirikan tenda pada pukul 18.00.WIB kami segera memasak untuk mengisi energi kami pada malam itu dan diselingi dengan pembicaraan ringan yang membuat suasasana pada malam itu sangat syahdu bagi kami karena tidak lama kemudian hujan rintik-rintik datang menghampiri tenda kami. Kami selesai memasak dan makan bersama pada pukul 18.30.WIB diselingi dengan pembicaraan ringan dan saling bertukar masakan sehingga membuat kami semakin Akrab pada malam itu. Pukul 20.50.WIB kami selesai makan dan langsung belajar materi IMPK yaitu penentuan titik koordinat menggunakan teknik UTM menggunakan protaktor dan teknik Geografis menggunakan Romer, kami juga mempelajari materi SAR tentang metode pencarian korban yaitu Hasty Method, Open Grid, dan Close Grid. Kami selesai belajar semua materi tersebut pada pukul 23.30.WIB dan langsung tidur di dalam tenda kami.

WhatsApp Image 2017-04-28 at 9.16.16 AM
Belajar Materi IMPK bersama

Keesokan harinya kami bangun pagi dan langsung masak untuk sarapan pagi pada pukul 07.30.WIB, suasana pagi itu sangat cerah sehingga membuat kami semangat dalam menjalani hari tersebut. Kami selesai memasak pada pukul 09.10.WIB dan langsung sarapan pagi dengan saling bertukar masakan yang membuat kami semakin akrab, tak lupa kami juga bercanda kecil pada saat itu. Kami selesai makan pagi pada pukul 10.00.WIB dilanjut bersih-bersih dan packing alat-alat kami, kami selesai melakukan bersih-bersih dan packing alat pada pukul 10.24.WIB. Sebelum kita memulai praktek materi IMPK dan SAR pada hari itu kami briefing dahulu untuk mempersiapkan semua hal-hal yang dibutuhkan. Akhirnya kami melanjutkan perjalanan ke titik awal sebagai acuan untuk resection sebelum melakukan materi Operasi SAR dengan Hasty Method pada pukul 10.28.WIB. Pukul 10.35.WIB  kami tiba di titik awal untuk melakukan resection, kami melakukan resection hingga pukul 10.50.WIB. Ada kejadian menarik saat kami melakukan Resection di titik awal yaitu ada kecelakaan LAKALANTAS di jalan raya tak jauh dari tempat kami melakukan resection dan kami mendengar suara kecelakaan tersebut yang membuat kami kaget namun kami kembali berkonsentrasi untuk melakukan resection. Setelah selesai resection kami diberi titik oleh Kak Ilham sebagai titik diduga Korban tersesat yang akan kami cari dalam operasi SAR kami dan menjelaskan secara singkat kronologi survivor yang akan kita cari dengan operasi SAR. Pukul 10.50.WIB kami memulai operasi SAR menggunakan Hasty Method untuk menenemukan korban. Kami mengikuti alur yang sudah kami buat pada saat resection pertama kami, kami melewati beberapa jalur air dan kami menandai bekas-bekas survivor di dalam peta. Kami rehat sebentar di tengah pencarian di medan yang datar dan melakukan resection lagi.

WhatsApp Image 2017-04-28 at 9.16.17 AM
Menerapkan tehnik Resection untuk SAR dan IMPK

Kami melanjutkan perjalanan kembali setelah memploting ulang jalur kami hingga kami sampai pada suatu punggungan yang luas dan merubah metode kami menjadi Open Grid, selama melakukan tekhnik Hasty Search kami hanya mendapatkan jejak kaki di sebuah mata air yang mengalir. Sedangkan dalam Open Grid kami menemukan barang-barang milik survivor berupa sendal jepit, topi lapangan, dan tas hitam yang telah dijelaskan Kak Ilham saat kita Resection pertama kali sebagai barang bawaan Survivor. Kami mengubah tekhnik pencarian dari Open Grid ke Close Grid dengan pertimbangan bahwa area pencarian kami semakin mengerucut ke arah posisi survivor dengan berbagai temuan barang bawaannya dan kami tandai di peta. Akhirnya pada pukul 14.00 kami benar-benar menemukan survivor dalam keadaan kedinginan di semak belukar dan segera Roro melakukan tekhnik Pertolongan Pertama terhadap survivor dan meminta bantuan saya dan fadel untuk dibopong ke tempat yang lebih datar agar memudahkan dalam praktek pertolongan pertama. Saya, Fadel, dan Dian pun juga mencoba untuk menenangkan survivor selama Roro melakukan pertolongan pertama terhadap Survivor. Pukul 14.10.WIB kami selesai mengevakuasi survivor dan langsung melakukan makan siang sekaligus evaluasi bagi kami dalam mempraktekkan materi SAR dan IMPK kami serta tekhnik Pertolongan Pertama kami.

WhatsApp Image 2017-04-28 at 9.16.21 AM
cuaca cerah saat melakukan resesction terakhir

Selanjutnya kami berpindah tempat untuk melakukan resection terakhir kami. Lokasi yang kami jadikan tempat untuk resection sebenarnya adalah daerah yang disebut parkiran, namun karena kabut maka kami berpindah tempat di dekat tugu perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sesampainya disana kami terkagum-kagum dengan cuaca yang berubah menjadi cerah sehingga membantu kami dalam mempraktekkan resection. Setelah dirasa cukup kami pun akhirnya menuju basecamp pak Joko untuk mengambil motor dan kembali ke Sekretariat Gopala Valentara. Kami tiba di rumah Pak Joko pada waktu maghrib. Kami pun menunggu maghrib sejenak sekaligus istirahat sebentar di Rumah Pak Joko. Pukul 18.30.WIB kami pamit dengan pak Joko untuk kembali ke Sekretariat Gopala Valentara, di tengah perjalanan kami mampir dulu untuk makan bubur tawangmangu di didekat terminal tawangmangu pada pukul 18.30.WIB. pukul 18.50.WIB kami selesai makan dan melanjutkan perjalanan ke Sekretariat Gopala Valentara. Kami pun sampai ke Sekretariat Gopala Valentara pada pukul 20.18.WIB. Latihan bersama ini sangat berkesan bagi saya dan sekaligus menambah ilmu saya di divisi gunung hutan, dan terima kasih bagi kakak-kaka yang sudah menemani saya dan membinbing saya saat latihan bersama tak lupa buat saudara-saudara baru dari Matrapala UNDIP yang membuat latihan ini berkesan bagi saya.

17883199_282074938886646_8183131756627492864_n(1)
Foto bersama setelah melakukan latihan

Oleh : Rizky Prasetyo, AMGV XXXII

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s