KURSUS NAVIGASI DARAT BERSAMA MAHAPENA

NAVIGASI DARAT,ilmu yang mempelajari cara seseorang menentukan suatu tempat dengan bantuan minimal peta dan kompas.

Salah satu job description di Kadiv Gunung Hutan adalah Peningkatan kualitas, baik kualitas pemahaman materi ilmu Navigasi Darat dasar ataupun Peningkatan Kualitas dalam kaderisasi atlet. Oleh karena itu saya sebagai Kadiv Gunung Hutan mengikuti kursus navigasi darat oleh mapala Mahapena di jember bersama Wanadri pada tanggal 11 – 14 Mei 2017.

Saya berangkat dari Sekretariat Gopala Valentara pada hari Rabu tanggal 10 Mei 2017,  pukul 9.20 WIB saya diantarkan oleh teman saya ke stasiun Purwosari Solo. Disana saya Janjian dengan Firmansyah dari Kapala Ampta, Ryan dari Mapala Giri Bahama dan mbak Pelor dari Mapala Giri Bahama, kami satu kereta yaitu kereta Logawa namun berbeda gerbong. Kereta kami berangkat pukul 10.00 WIB dan menuju Jember.

IMG-20170515-WA0002 (1)
Saat tiba di Universitas Jember

Kami tiba di Stasiun Jember pada pukul 20.10 WIB dan langsung mencari tempat makan di sekitar stasiun dan segera makan. Tidak menunggu lama panitia yang menjemput telah tiba dan kami langsung diantar ke Sekretariat Mapala Mahapena Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Kami pun tiba di Sekretariat mereka dan segera beramah tamah dengan teman-teman baru Mahapena dan juga Peserta dari Mapala Humendala Fakultas ekonomi Universitas Riau.

Keesokan harinya pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2017 kami bangun pagi, kami berempat yaitu saya, Firman, Ryan, dan Pelor melakukan ibadah, mandi dan dilanjut belanja Logistik yang masih kurang di sekitar area Sekretariat Mapala Mahapena. Kami mulai belanja logistik pada pukul 06.00 WIB. Kami tiba disana pada pukul 07.30 WIB dan melakukan registrasi ulang dan cek kesehatan peserta. Kami mengikuti upacara pembukan pada pukul 11.12 WIB dengan khidmat dan peserta Kursus Navigasi Darat pada hari itu ada 24 Peserta. Selanjutnya, panitia membacakan peraturan kelas secara lantang dan menjelaskan tentang aktivitas yang akan dilakukan di hari pertama kursus navigasi darat Mahapena. Saat pemilihan komandan kelas kami sepakat bahwa peserta yang bernama Firman sebagai komandan kelas kami. Saya ada di kelompok 3 bersama peserta dari Mapala dari Bali, dan salah satu peserta dari khalayak umum, total di kelompok kami ada 5 orang. Materi pertama kami yaitu materi pengenalan aktivitas alam bebas oleh kang Sugiarto dari Wanadri. Selesai materi kedua, dilanjutkan ke materi ketiga yaitu materi merencanakan perlengkapan perjalanan oleh Kang Ismail dari Wanadri hingga pukul 17.30 WIB.

Materi kelas hari pertama diakhiri oleh Kang Ismail tepat pada pukul 17.30 WIB dan kami pun ISHOMA. Kami berkumpul kembali di kelas pada pukul 20.00 WIB dan panitia memberikan arahan bahwa kami akan berangkat menuju lapangan pada pukul 09.00 WIB keesokan harinya dan memberikan arahan untuk penempatan tidur peserta. Setelah itu panitia melakukan pengecekan medis hingga pukul 21.00 WIB. Pukul 21.00 WIB kami pun langsung tidur di tempat yang disediakan oleh panitia.

Kami dibangunkan oleh panitia tepat pukul 04.30 WIB pada hari Jumat, 12 Mei 2017 dan kami langsung melakukan MCK dan Sholat Shubuh hingga pukul 05.30 WIB. Kami diberangkatkan pada pukul 07.20 WIB . Saat tiba di lokasi kami langsung memWibki kelas yang telah diberitahukan oleh panitia dan materi saat itu adalah pengenalan navigasi darat oleh Kang Aulia dari Wanadri hingga pukul 08.21 WIB hingga pukul 10.50 WIB. Kami dikumpulkan kembali di kelas pada pukul 13.15 WIB hingga pukul 14.12 WIB. Pukul 14.12 WIB kami melakukan simulasi materi navigasi darat dan melakukan teknik Resection secara berkelompok sesuai dengan kelompok kami yang telah dibentuk pada hari pertama pelaksanaan kegiatan kursus navigasi darat hingga pukul 16.14 WIB. Pukul 16.14 WIB kami melakukan break ashar hingga pukul 16.45 WIB. Pukul 16.45 WIB acara kami adalah mentoring, review materi, dan evaluasi terhadap apa yang telah kami simulasikan. Pukul 19.59 WIB hingga pukul 21.00 WIB acara kami adalah api unggun bersama panitia dan pemateri sekaligus evaluasi dan sharing pengalaman dari peserta dan juga pemateri. Pukul 21.00 WIB kami istirahat di dalam tenda pleton hingga pukul 04.30 WIB.

Hari sabtu 13 Mei 2017 pukul 04.30 WIB kami dibangunkan panitia dan diberi waktu untuk segera melakukan MCK. Pukul 05.30 WIB hingga pukul 07.30 WIB kami memasak untuk perbekalan kami selama praktek di lapangan pada hari ini dan memasak sarapan kami. Pukul 07.30 WIB kami melakukan senam pagi hingga pukul 08.00 WIB. Pukul 08.00 WIB hingga pukul 09.12 WIB kami dikumpulkan untuk mendengarkan tata tertib selama beraktifitas di lapangan nantinya. Pukul 09.12 WIB kami melakukan pergerakan menuju start point dan tiba pada pukul 09.42 WIB. Kami melakukan Resection selama satu jam dari pukul 09.42 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Pukul 10.30 kami melakukan pergerakan ke Checkpoint pertama yang telah diberikan oleh pemateri kami. Pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB kami melakukan ISHOMA, dan dilanjutkan kembali melakukan pergerakan menuju titik awal. Terdapat kejadian menarik di kelompok kami yaitu pada saat perkiraan 100 meter tiba di titik yang kami tuju ternyata di depan kami ada sarang lebah yang besar menggantung di pohon dan akhirnya kami diberi titik baru oleh pemateri untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Selama perjalanan kami, kami melakukan teknik perjalanan man to man yaitu teknik perjalanan saling menembak antara partner kami di kelompok kami. Kami tiba di titik terakhir pada pukul 16.12 WIB. Pukul 21.00 WIB kami melakukan medis harian hingga pukul 22.00 WIB dan segera tidur pada pukul 22.00 WIB.

Minggu, 14 Mei 2017  kami dibangunkan oleh panitia dan segera untuk memasak, sarapan dan melakukan MCK hingga pukul. Pukul 08.18 kami melakukan pergerakan menuju titik start hari ini, kami tiba di titik start pada pukul 08.30 WIB dan segera melakukan resection, saya dan rekan saya segera melakukan resection di titik start, setelah menemukan titik kami berada kami diberikan titik oleh pemateri dan kami segera mencarinya di dalam peta yang telah diberikan. Kami melakukan pergerakan ke titik yang dituju pada pukul 09.30 WIB dan melakukan teknik perjalanan man to man. Ditengah-tengah perjalanan kami kembali menyebrangi sekitar 2 sungai besar yang membutuhkan kehati-hatian tinggi. Kami tiba di chekpoint kami pada pukul 10.12 WIB dan melakukan resection untuk memastikan posisi kami tepat apa tidak dengan checkpoint yang diberikan, setelah memastikan benar-benar tepat maka kami dipersilahkan  makan siang oleh pemateri. Kami selesai makan siang pada pukul 10.30 WIB dan diberitahukan oleh pemateri bahwa titik ini adalah titik akhir kami dalam praktek di lapangan Pukul 14.00 WIB hingga pukul 14.48 WIB.

[000004]
Suasana saat Post Test di Hari Minggu, 14 Mei 2017

[000035]
Suasana upacara penutupan Minggu, 14 Mei 2017

Kami melakukan upacara penutupan dengan khidmat, pukul 14.48-16.12 WIB kami makan-makan dengan panitia sembari menunggu truk yang menjemput kami dan ada juga yang foto-foto dengan keindahan alam lereng Argopura. Kami tiba di lokasi pada pukul 17.36 WIB di sekretariat Mahapena Fakultas Ekonomi Universitas Jember dan melakukan bersih-bersih. Kelompok kami memutuskan untuk menginap lagi sehari di sekretariat Mahapena karena angkutan menuju daerah kami telah tidak ada. Kami ada yang istirahat dan ada yang main-main ke Mapala lain di Jember, saya sendiri mencoba untuk main ke Mapala lain di Jember dan akhirnya saya main ke Mapala Universitas Muhammadiyah Jember dan disana sudah disambut dengan berbagai Mapala yang sengaja menyambut kami, malam itu saya bersama Aris dan Mahdi dari Mapala Humendala Riau dan kami pun beramah tamah dengan mapala-mapala di Jember diantaranya mapala Mahacita dan Mapala Egalitarian. Kami pun pulang ke Mahapena untuk istirahat pada pukul 02.00 WIB.

[000074]
Foto Bersama dengan mapala Kompas, Egalitarian, Gopala Valentara, Mapala Universitas Muhamadiyah Jember, Kapala Ampta, Himacita, dan Mahapena di Universitas Muhammadiyah Jember

IMG-20170516-WA0010
Foto Bersama Kelompok kami dengan Panitia di Lapangan

Senin, 15 Mei 2017 pagi pukul 08.00 WIB saya pulang ke Solo diantar panitia ke terminal Jember dan saya berterima kasih kepada panitia yang mengantar saya dan titip salam ke semua panitia atas keramahtamahannya. Saya pun pulang ke Solo dengan membawa ilmu baru dan penuh rasa bahagia juga bangga karena saya mempunyai kesempatan untuk belajar dengan hal baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya.