DIKLAT JURNALISTIK

DIKLAT JURNALISTIK 2017

PELATIHAN JURNALISTIK

Sebenarnya kata jurnalistik sendiri sudah kita kenal sejak di bangku sekolah sampai perkuliahan, tetapi untuk pengaplikasian lebih lanjut mungkin tidak semua orang antusias terhadap jurnalistik. Padahal pengalaman menjadi seorang jurnalis tidak ternilai, meski harus melewati berbagai rintangan saat melakukan peliputan hingga tersenyum puas akan karya yang sudah terbuat.Begitupula yang akan dialui oleh rekan-rekan anggota Gopala Valentara yang akan membentuk tim redaksi untuk pembuatan buletin GOVER XVIII dengan mengadakan Diklat Jurnalistik.

Sabtu, tanggal 8 Juni 2017 kami anggota aktif Gopala Valentara melakukan Diklat Jurnalistik hari pertama yang bertempat di ruang 1105 Fakultas Hukum UNS. Pada pukul 8.00 WIB, kegiatan dibuka dengan pembicara dari LPM Kentingan, disini kita membahas bagaimana cara membuat buletin yang benar. Yang pertama adalah tentang penulisan dan editor, kita harus memperhatikan istilah asing, kata-kata yang disingkat dan mengetahui target pembaca dari kalangan mana saja. Kami juga diminta untuk mengedit satu paragraf dari sebuah cerpen untuk diedit lebih menarik pembaca. Lalu kami diminta untuk membacakan hasil dari editan paragraf yang sudah kami pilih.

IMG_0423
pembicara dari LPM Kentingan yang sedang menyampaikan materi. 

Setelah itu, Kami juga belajartentang layouting menggunakan aplikasi Adobe in Design.Dalam penyampaian materi kali ini kita membahas tentang dasar-dasar layouting, cara mengatur tata letak agar membuatnya lebih menarik. Setelah itu, kita melakukan praktek langsung menggunakan Adobe in Design. Dalam prateknya, kita membuat beberapa desain buletin dipandu juga oleh anggota Gova yang paham mengenai layout. Setelah itu, kami juga tak lupa untuk sharing-sharing tentang pembuatan layoting untuk pembuatan GOVER. Setelah itu pukul 10.00 kegiatan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari anggota Gopala Valentara kepada si pembicara.

IMG_0445
Anggota Gova yang dipandu oleh pembicara praktek layouting

Kegiatan selanjutnya adalah materi photografi, pembicanya berasal dari FFC (Fotografi Fisip Club). Pembicaraan pertama dibuka dengan bagaimana cara mengambil gambar yang bagus yaitu dengan memperhatikan cuaca dan cahaya. Selain itu, kita juga harus memperhatikan tentang eksposure (best moment ketika menangkap gambar sepeti sunset dan sunrise) dan aperture (komposisi dalam kamera yang  mengatur hasil gambar yang akan kita peroleh).

Selain itu, kita harus memperhatikan tentang 3 komposisi dalam kamera yang penting untuk pengambilan foto yang perfect yaitu :

  1. F (Penangkap cahaya)
  2. ISO (Kepekaan terhadap cahaya)
  3. Shutterspeed (mengatur cahaya masuk ke kamera)
IMG_0485
Anggota FFC yang sedang menyampaikan materi.
c103f11e-677e-4758-a0eb-83c8ffb6abff
praktek langsung mengambil gambar menggunakan materi yang disampaikan FFC.

Setelah kita  mengetahui materinya, lalu kita praktek langsung diluar ruangan untuk mengambil gambar dengan menggunakan materi yang sudah diberikan oleh pembicara dari FFC. Kegiatan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan.

Diklat Jurnalistik ke-2 pada Selasa 12 Mei 2017, kegiatan  ini dilaksanankan di Solopos. Kami berangkat dari sekretariat Gopala Valentara pada pukul 8.30 pagi. Setelah sampai, kami disambut ramah oleh rekan-rekan Solopos dan kami dipersilahkan duduk. Kami diajak kedalam ruang redaksioleh staff dari Solopos, setelah itu kita disana kita belajar tentang redaksi dan cara kerja tim redaksi. Pembuatan sebuah tulisan harus melihat audiens karena itu akan mempengaruhi isi dari tulisan. Dan kami diberi saran untuk pembuatan buletin GOVER yaitu tentang tema,future dan layout.

IMG_0002
ketika berada di ruang redaksi

Setelah itu, kami diajak masuk ke dalam ruangan editing dan layouting. disana kita dijelaskan bagaimana sebuah tulisan masuk lalu di edit oleh editor dan dimasukkan ke layouter. Kemudian kita menuju ruang multimedia yaitu ruang penyiaran Solopos yang terdiri dari Tv, Radio, Blog dan akun sosial medial lainnya. Lalu menuju ke ruang produksi koran. kemudian foto bersama lalu penyamoaian kenang-kenangan.

IMG_0032
Ruang Multimedia Solopos
IMG_0039.JPG
Foto bersama Anggota Gova dengan Staff Solopos

 

Oleh : Elinda Nur Hidayah AMGV XXXIII

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s