PENDAKIAN GUNUNG MERAPI

KEINDAHAN DI BALIK KABUT MERAPI

Gunung Merapi dengan ketinggian puncak 2.930 mdpl dalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004. Kali ini akan kita taklukan Gunung Merapi bersamadalam rangka pendakian bersama dan kumpul anggota aktif di penghujung bulan puasa pada tanggal 19-20 Juli 2017 yang diikuti oleh Anggota Gopala Valentara yaitu Rizky P, Luthfan, Clement, Ilham, Elinda, Ida, Bagas dan Mona. Kita memulai perjalanan pada sore hari  jam 16.20 dari sekretariat Gopala Valentara ber-enam orang, Bagas dan Mona menyusul pada malam hari. Sebelum perjalanan kami melakukan briefing, do’a, dan pembagian motor.

Foto bersama sebelum melakukan pendakian

Perjalanan kita cukup menyenangkan dikarenakan masih dalam bulan puasa, jadi kita ketika berhenti di lampu merah ada yang membagikan ta’jil. Lalu kita meneruskan perjalanan dengan menunggu adzan maghrib dan mencari tempat makan untuk berbuka puasa. Setelah kita selesai makan, maka kita kembali melanjutkan perjalanan kembali. Pada pukul setengah 8, kami akhirnya sampai di basecamp merapi. Disana kami bertemu dengan pendaki lain yang  sudah selesai mendaki dan mereka ternyata juga dari Solo. Mereka bilang kalau di atas sangat sepi, hanya ada satu tenda di pos 3 saja. Mungkin karena pendakian kali ini dilakukan di h-7 lebaran jadi sepi dan banyak yang pulang ke kampung halaman.

start pendakian melalui New Selo

Sebelum kita memulai perjalanan, kita mempersiapkan diri  dulu dan mengambil foto untuk sekedar dijadikan kenangan dengan timer karena disana sudah tidak ada pendaki lain yang bisa dimintai untuk memfotokan kami. Setelah itu kami memulai pendakian pada pukul 20.19 WIB dengan berdoa dan mengucapkan jarkom Gova seperti biasa. Kami berjalan dari basecamp menuju New Selo lewati jalur Selo dengan berbekal senter yang terbatas karena pendakian kali ini memang sedikit mendadak namun dengan tekat kuat kita mentargetkan untuk sampai di puncak dengan waktu normal yaitu 3 jam untuk mencapai puncak. Perjalanan dari gerbang menuju pos 1 tidaklah lama. Namun saat kami menuju pos 2 dari pos 1 disana perjlaan mulai melambat tidak secepat sebelumnya dikarenakan medan yang mulai sulit. Batu dan tanjakan menemani perjalan kami malam itu dengan ditemani pemandangan puncak Gunung Merbabu di belakang kami.

suasana awal pendakian
perjalanan menuju post 3

Perjalan kami ke pos 3 cukup singklat dikarenakan  antara post 2 dan pos 3 tidak sejauh post sebelumnya. Kali ini kita bertemu dengan satu tenda yang didiriklan di belakang batu besar setelah pos 3. Pada saat itu kita bingung anatar melanjutkan perjalanan ke pasar bubrah atau mendirikan tenda disana. Tapi salah satu dari kami memberi saran untuk lanjut karena disana juga terdapat tempat duntuk menditikan tenda dan dekat dengan puncak. Lalu kami tetap melanjutkan perjalanan sekitar 30 menit ke pasar bubrah dengan jalan yang hanya bebatuan dan tidak ada vegetasi disana. Angin dingin gunung mulai menyerang kami disana ketika kita ingin mendirikan tenda. Dengan kedinginan kita membagi tugas yaitu Elinda dan Ida memasak dan yang lainnya mendirikan tenda. Namun tiba-tiba angin dari arah samping tenda sangat kencang sehingga hampir menerbangklan tenda kami, lalu kami mencari tempat lain dengan memindahkan tenda dan barang-barang yang lainnya.

Setelah kita selesai membuat makanan dan tenda sudah siap, kita langsung berkumpul ke dalam tenda untuk makan. Setelah dirasa cukup, kami langsung menyiapkan tempat tidur untuk beristirahat. Pada pukul 2.32 WIB, Bagas dan Mona sampai di pasar bubrah dan langsung mendirikan tenda yang di bantu oleh Clement. Lalu kita sahur dan kemudian tidur kembali karena udara di sana sangat dingin. Kita berencana untuk bangun sebelum matahari terbit untuk melihat sunrise tapi sayangnya cuaca sangat berkabut dan dingin jadi kita memutuskan untuk kembali ke tenda dan tertidur sampai jam 10.00 WIB.

pemandangan di depan puncak Gunung Merapi

Setelah dirasa cukup, kita kemuadian keluar manikmati pemandangan di sekitar Merapi. Disana kita menikmati puncak merapi dari pasar bubrah. Sebenarnya ada keinginan untuk menuju puncak merapi, tapi karena menaati peraturan batas pendakian dan demi keselamatan kami mengurungkan niat untuk ke puncak Merapi. Lalu kami berfoto bersama lalu mempacking tenda dan barang lainnya. Setelah selesai, kami kemudian turun pada pukul 13.08 WIB dengan menuruni medan pasir dan batu. Kami sempat bertemu dengan beberapa pendaki yang asalnya dari luar negri. Perjalanan turun memakan waktu sekitar 3 jam lebih. Kita sempat ber istirahat di penghujung post yaitu post 1. Setelah sampai basecamp pada pukul 16.45 kami beriststirahat sejenak dan membersihkan badan lalu pulang. Karena sudah memasuki waktu buka puasa kami mencari tempat makan disamping polsek Selo untuk berbuka puasa disanan. Setelah selesai berbuka puasa kami kemuadian melanjutkan perjalanan pulang ke Solo. Sesampainya di kesekretariatan Gopala Valentara pada pukul  21.16 WIB, kami pun langsung beristirahat kembali . Perjalanan kami kali ini sangatlah seru, apalagi dengan suasana Gunung Merapi yang sepi dan sunyi kali itu membuat kita semakin mensyukuri karunia Tuhan yang telah diciptakan berupa keindahan alam yang dapat kami nikmati bersama.