TV SATELIT TENAGA SURYA

             Layanan TV Satelit  Tenaga Surya “Keajaiban” Bagi Desa-Desa

Pada era globalisasi ini manusia dituntut untuk membuat inovasi yang dapat digunakannya untuk menciptakan sebuah sumber daya yang baru bagi kelangsungan hidup manusia, seperti yang telah dicipatakan oleh manusia yaitu panel surya yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga yang diambil dari panas matahari. Panel surya mungkin bukan hal baru untuk diketahui namun keberadaannya  yang masih sedikit karena kurangnya kesadaran manusia akan menjaga lingkungan dan sumber daya alam. Namun apa jadinya apabila panel tenaga surya tersebut dikombinasikan dengan media TV satelit? Hal ini memang benar ada dan telah terpasang di desa-desa di India. Simpa Network adalah sebuah perusahaan di India yang telah meluncurkan layanan televisi satelit bertenaga surya pertamanya di India, membawa hiburan yang ditenagai oleh energi bersih ke rumah tangga dan perusahaan lewat skema pembayaran bayar dan nikmati. Layanan ini dibentuk karena banyaknya tuntutan mayoritas masyarakat yang belum menikmati aliran listrik berasal dari masyarakat miskin yang hidup di desa-desa pinggiran, perusahaan tersebut berfokus pada penjualan produk-produk bertenaga surya seperti lampu LED, tempat pengisian ulang daya baterai, dan kipas angin dengan menyediakan skema pembiayaan bagi rumah-rumah di pedesaan dan toko-toko di bagian utara India.

5970d53d59e5b-pembangkit-listrik-tenaga-surya-ntt_641_452.jpg
Pembangkit listrik tenaga surya

Perusahaan ini menyediakan lebih 100 saluran televisi satelit dengan muatan yang termasuk di antaranya komedi, berita, film dan musik, dan harganya 25.000 rupees ($390) – sama dengan versi non-tenaga surya. Pembayaraan dapat dicicil hingga 36 bulan. Cicilan ini dikenakan bunga, namun perusahaan tidak bersedia mengungkapkan perkiraan tingkat bunganya. Program cicilan ini efektif karena sebagian besar keluarga di pedesaan tidak akan mampu membayar tunai teknologi semacam itu. Tanpa adanya sejarah catatan kredit, sebagian besar akan dianggap ‘tidak layak dapat pinjaman’ dan tidak akan dengan mudah mendapatkan pinjaman. Karena layanan televisi bertenaga surya masih baru dan hanya segelintir orang yang tahu bagaimana menggunakan dan merawatnya, perusahaan tersebut menyatakan, Simpa telah melatih teknisi tenaga surya di pedesaan yang kemudian akan bertanggungjawab untuk instalasi, pelayanan, dan penagihan pembayaran.

satelit.jpg
Gambar satelit yang mengelilingi bumi

Namun disamping itu semua, panel surya tersebut memiliki dampak negatif yang tidak langsung terhadap lingkungan sekitar. Beberapa dampak negatif dari panel surya yaitu bahan dari panel surya sendiri yang mengandung bahan kimia berbahaya. Kerusakan yang terjadi pada alat panel surya itu sendiri akan mengakibatkan bahan – bahan kimia beracun yang ada di dalam panel surya tersebut akan menguap dan mencemari udara disekitarnya. Selain dari segi bahan kimia yang digunakan, pantulan cahaya  atau konsentrasi matahari dari panel surya tersebut juga berbahaya bagi mahluk hidup. Jika ada hewan ataupun serangga yang terkena pantulan cahaya tersebut, maka dapat terbunuh. Program yang dibuat oleh perusahaan Simpa Network memang sangat baik bagi kehidupan di pemukiman India yang tak terjangkau listrik namun disisi lain masih terdapat dampak negatif yang mempengaruhi lingkungan. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus memikirkan dampak negatif yang akan terjadi terhadap lingkungan atau orang yang ada disekitar kita dalam penggunaan panel surya tersebut.

download (2).jpg
Gambar cara kerja TV LED yang menggunakan panel surya
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s