PENGEMBARAAN GUNUNG HUTAN

MENAPAKI GUNUNG SLAMET (JALUR BAMBANGAN)

Hari itu 1 September 2017 bertepatan dengan hari raya Idul Adha pukul 14.05 WIB kami peserta pengembaraan gunung hutan melakukan Packing. (Peserta pengembaraan kali ini saya Ida Andira Martines dan teman saya Rizky Prasetyo. Ditemani oleh dua orang pendamping yaitu Kak ilham dan Kak clement). Setelah packing selesai. Kebetulan ALB dari Jakarta menyempatkan diri datang ke Solo. Lalu kami pun dengan senang hati bersilaturahmi. Setelah selesai bersilaturahmi kami kembali pulang ke rumah untuk beristirahat karena besok kami akan berangkat pagi-pagi sekali.

Peserta dan Pendamping Pengembaraan Gunung Hutan

2 September 2017 hari ini kami bangun pukul 03.40 WIB, selesai melakukan persiapan kami berkumpul untuk briefing dan berdoa. Kami menuju stasiun diantar oleh Kak Gilang dan Kak Bayu dengan sepeda motor. Sesampainya di stasiun kami langsung mencari tiket kereta dengan tujuan Kutoarjo (kereta Prameks @15k). Di dalam gerbong kereta kami bertemu seorang pria, dengan menggendong carrier dan membawa matras, nampaknya ia duduk di sebelah kami, tak melewatkan kesempatan kami mengajaknya untuk mengobrol, pria itu adalah bapak Ari. Beliau berhasil memotivasi kami semua, hobinya mendaki gunung sudah membawanya ke gunung-gunung di dalam dan luar negeri. Perjalanan kami masih berlanjut sampai di stasiun Kutoarjo pukul 07.45 WIB kami langsung mencari sarapan, dan mencari penjual sayur sayuran.

Pukul 09.11 WIB kami menunggu bus dengan tujuan sokaraja (@30k) sampainya di sokaraja kami langsung disambut dengan bus tujuan pertigaan Serayu (@15k). Pukul 12.51 WIB kami tiba di pertigaan Serayu lalu kami menyewa mobil untuk menuju basecamp Bambangan (@37.5k) sewa mobil kami bersamaan dengan 3 orang lain sehingga bisa mendapat harga yang lebih murah. Pukul 13.05 WIB kami tiba di basecamp setelah menaruh carrier dan beristirahat sebentar, kami melakukan sosial pedesaan sambil ber jalan-jalan kami bertemu dengan ibu Turiah (28th) yang sedang menyiram tanamannya dan bapak Wahyuni (60th) yang sedang menggarap perkebunannya. Pukul 15.35 WIB kami selesai melakukan sosial pedesaan. Dan memutuskan untuk kembali ke basecamp untuk bersih-bersih, solat, makan dan rizky membayar retribusi (@20k). Pukul 20.09 WIB kami melakukan evaluasi dan briefing untuk esok hari selesai itu kami istirahat untuk persiapan esok.

Gerbang Pendakian Gunung Slamet Jalur Bambangan

3 September 2017 kami bangun pukul 04.15 WIB langsung membagi tugas untuk memasak dan bersih-bersih. Setelah masakan kami matang pukul 05.42 WIB kami langsung sarapan. Selesai sarapan kami langsung packing, selesai packing kami memulai perjalanan. Tak beberapa lama setelah berjalan kami mencoba untuk melakukan praktik materi. Praktik kali ini kami mencoba membaca medan selesai membaca medan.

DCIM207MEDIA
Penerapan Materi IMPK sebelum Pendakian

Pukul 07.00 WIB kami melanjutkan perjalanan. Di perjalanan kami bersama seorang ibu dan bapak pedagang di pos bayangan 1. Kami sampai di pos bayangan 1 pukul 08.00 WIB. Selama perjalanan menuju pos 1 dan pos 2 perasaan yang saya rasakan adalah bosan karena jarak antar pos yang jauh. Pukul 10.43 WIB kami tiba di pos 2 sembari memulihkan tenaga kami berbincang dengan seorang pedagang di pos 2 yaitu bapak Samuri (45th). Pada pukul 11.11 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju pos 3. Disini kami tiba pukul 12.28 WIB dan memutuskan untuk makan siang dengan bekal yang sudah kami siapkan. Selesai makan kami melanjutkan perjalanan menuju pos 4 atau pos yang terkenal dengan namanya Samarantu. Sekitar 15 menit kami menikmati pos yang viral ini lalu kami melanjutkan perjalanan lagi menuju pos 5, kami tiba di pos 5 pukul 15.10 WIB menuju pos 6 track-nya sudah mulai berdebu.

Pos 6 dan Vandalisme dari Pendaki yang Tidak Bertanggung Jawab

Sampai pos 6 pukul 16.00 WIB pos 7 pukul 16.50 WIB. Karena hari sudah mulai gelap, kami memutuskan untuk mencari lokasi camp. Di pos 7 ini vegetasinya rimbun sehingga dapat dipastikan untuk lokasi camp disini tidak perlu khawatir angin yang bisa saja membuat kedinginan saat tidur. Akan tetapi ketika ada pendaki yang berjalan debu langsung berterbangan. Pukul 16.55 WIB mendapat lokasi untuk camp kami langsung memasang tenda dan saya membantu dengan mambuat minuman hangat. Pukul 17. 23 WIB tenda selesai dipasang kami langsung masak bersama sama pukul 19.04 WIB  makanan selesai dimasak kami langsung menyantapnya bersama sama pukul 19.10 WIB kami melakukan evaluasi dan briefing pada pukul 20.26 WIB kami langsung beristirahat untuk persiapan perjalanan besok pagi menuju puncak Gunung Slamet.

4 September 2017, kami bangun pukul 03.01 WIB langsung memasak sarapan pukul 04. 38 WIB kami sudah mulai melakukan perjalanan. tak terlalu lama berjalan kami sudah sampai di pos 8. pukul 05.10 WIB kami sampai di pos 9 perjalanan kami dari yang melalu track berdebu kini sudah menemui batu batuan kerikil yang merupakan pertanda bahwa kami sudah dekat dengan area puncak Gunung Slamet. Di pos 9 ini kami sempat berhenti sebentar untuk menikmati sunrise milik Gunung Slamet. Sunrise yang luar biasa dengan pemandangan gunung yang berjajar dan hamparan awan yang luas berhasil mempesona setiap pendaki yang menemuinya. rasa lelah seakan terbayar dengan pemandangan ini. Selanjutnya kami berjalan tidak begitu terburu buru sembari merasakan suasana sunrise pukul 06. 45 WIB kami mencapai kawah Gunung Slamet dan kami melakukan penerapan materi lagi dengan resection. Pukul 07.35 WIB kami bergerak lagi menuju puncak kami sampai puncak tertinggi Gunung Slamet pukul 07. 45 WIB.

DCIM207MEDIA
Plotting Jalur Sembari Menikmati Pemandangan Gunung Slamet

Kami melakukan plotting jalur selesai plotting jalur kami turun lagi menuju camp di pos 7. Kami tiba di camp pukul 09.19 WIB langsung packing kami mulai turun dari pos 7 pukul 10.49 WIB berjalan 12 menit kami sampai di pos 6 ke pos 5 pun 12 menit. Pukul 12.05 WIB kami sampaidi pos 4. Melanjutkan perjalanan lagi sekitar 20 menit 32 detik kami sampai di pos 3 di pos 2 kami beristirahat sebentar perjalanan menuju pos 1 kami tempuh dengan waktu 39 menit 44 detik. Pukul 15.15 WIB kami sampai di basecamp lalu memasak makanan dan bersih bersih badan. Sebelum pulang untuk menghemat pengeluaran untuk sewa mobil kami mencari teman pendaki lain untuk menyewa mobil bersama menuju terminal purwokerto. Sampai di terminal pukul 18.23 WIB. Kami langsung mencari bus dengan tujuan terminal Tirtonadi Solo. akhirnya kami mendapat bus Eka (@80k). Bus yang kami tumpangi berangkat pukul 19.53 WIB. Pukul 02.12 WIB kami sampai di terminal Solo dengan dijemput oleh Mas Luthfan dan Mas Aldrian. Pukul 03.06 WIB akhirnya kami sampai di sekretariat Gopala Valentara lagi dengan selamat .