DIKLANTAP TEBING TERJAL

CAKRA PANCA SIUNG

Diklatsar ke-XXXIV telah usai. Agenda selanjutnya yang harus dilakukan sebagai anggota muda Gopala Valentara adalah Diklantap yaitu kepanjangan Pendidikan, latihan, dan pemantapan di setiap divisi. Diklantap  yang harus dilakukan antara lain  Tebing Terjal, Air, Gunung Hutan, dan Caving. Diklantap tebing terjal menjadi agenda pertama dijadwalkan pada 22-24 Desember 2017 yang diikuti oleh 5 Anggota Muda yaitu Fajar, Prima, Dewi, Aby, dan Disty. Sebelumnya para Anggota Muda telah melakukan latihan sebelum keberangkatan. Yaitu mengikuti kegiatan forum climbing di Mapala lain, latihan memanjat di wall climbing Gova, dan juga latihan di tebing langsung yaitu di Tebing Karanglo.

1515461149818
Foto peserta sebelum pemberangkatan

Sehari sebelum keberangkatan, kami para Anggota Muda melakukan packing alat bersama. Disini kami membagi tugas ada yang mencatat barang apa saja yang dibawa dan ada yang memasukan alat ke dalam carrier agar memastikan tidak ada barang yang tertinggal. Keesokan harinya, yaitu hari keberangkatan pun tiba. Sebelum berangkat, kami melakukan packing alat lagi serta logistik. Setelah memastikan semua alat telah lengkap kami segera melakukan briefing. Disini, ketua perjalanan yaitu Fajar membacakan rundown acara, pembagian motor, dan meeting point. Kami pun segera melakukan perjalanan pada pukul 16.56 WIB. Setelah perjalanan kurang lebih 2.5 jam kami pun sampai di pantai siung. Sesampainya disana kami segera membuat camp, masak, dan makan malam. Sebelum istirahat, kami melakukan refresh materi terlebih dahulu. Kami pun dipandu olek kak Fatim, kak Ida, kak Ilham, kak Gilang, dan kak Angga. Setelah refresh materi dianggap cukup kami pun segera istirahat dan tidur untuk persiapan pemanjatan keesokan harinya.

IMG-20180109-WA0006
persiapan alat setelah sampai di Tebing

Keesokan harinya, kami bangun pukul 05.08 WIB. Para anggota muda segera melakukan sholat shubuh, membongkar camp, dan masak serta sarapan. Setelah itu semua selesai kami segera bersiap-siap berangkat ke tebing. Pukul 07.23 WIB kami sampai di tebing. Tanpa membuang waktu kami segera mempersiapkan alat dan tidak lupa melakukan pemanasan. Setelah itu kami dibagi dalam dua tim yaitu Fajar, Dewi, dan Aby memanjat di tebing E. Sedangkan Prima dan Disty memanjat di tebing D. kami pun segera melakukan pemanjatan di tebing yang sudah ditentukan. Namun sayangnya semua anggota muda belum bisa mencapai top. Setelah itu posisi tim kami ditukar. Namun tetap saja kami belum bisa mencapai top. Pukul 12.00 WIB kami istirahat dan makan siang. Setelah itu kami diarahkan ke jalur lain di tebing D. Jalur ini  terlihat lebih mudah daripada jalur sebelumnya. Satu persatu anggota muda mencoba jalur ini. Diawali oleh Disty, namun sayangnya Disty belum bisa mencapai top. Setelah itu dilanjutkan oleh anggota muda lainnnya. Saat giliran ketua perjalanan kami yaitu Fajar, ia akhirnya berhasil mencapai top setelah beberapa kali percobaan. Setelah itu disusul oleh Aby yang berhasil mencapai top. Setelah itu Prima dan Dewi juga berhasil mencapai top. Sayangnya saya, sebagai salah satu anggota muda belum bisa mencapai top setelah beberapa kali percobaan.

Peserta bergantian menjadi belayer dan memanjat tebing

Waktu pun menunjukan pukul 17.05 WIB. Kami segera merapikan alat dan kembali ke tempat istirahat untuk membuat camp, bersih-bersih, masak, dan makan malam. Setelah itu, kami tak lupa me-refresh materi lagi. Pada malam itu kami diajarkan bagaimana cara teknik penambatan yang akan kami lakukan pada hari terakhir. Selain itu kami juga belajar bagaimana cara hanging belay. Kami dibimbing oleh kak Gilang, kak Luthfan, kak Fatim, dan kak Angga. Kami menentukan urutan pemanjat mulai dari leader yaitu Fajar, lalu pemanjat kedua Prima, setelah itu Dewi yang membawa daypack berisi makan siang, setelah itu saya pemanjat keempat, dan terakhir Aby sebagai sweeper. Setelah kami memastikan persiapan untuk besok kami segera istirahat agar esok harinya siap memanjat lagi.

IMG-20180109-WA0008
Peserta yang telah sampai pada top tebing

Pada hari terakhir setelah  kami bangun, kami segera membongkar camp, masak dan sarapan, serta bergantian untuk bersih-bersih. Setelah bersiap-siap kami berangkat ke tebing pukul 07.14 WIB.  Sesampainya di tebing kami segera menyiapkan alat dan pemanasan. Sebelum memanjat kami kembali merefresh materi. Disitu kami belajar membuat pengaman di teras tebing dan membuat anchor. Setelah kami menguasai materi tersebut kami segera menyiapkan alat terutama untuk leader kami yaitu Fajar. Kami membantu Fajar mempersiapkan alat yang harus dia bawa sebagai pemanjat pertama. Setelah alat-alat siap, Fajar segera memulai penambatan dibelay oleh Aby dari bawah. Kami pun terus melajutkan penambatan sesuai urutan yang telah disesuaikan. Pukul 13.45 WIB kelima dari kami telah sampai di teras 2. Kami pun istirahat dan makan siang terlebih dahulu sebelum melajutkan penambatan. Setelah istirahat kurang lebih 15 menit kami melanjutkan penambatan lagi. Akhirnya kurang lebih pada pukul 16.00 WIB kami berlima sampai di top. Kami pun menikmati pemandangan pantai yang terlihat indah dari atas tebing.

Cakra Panca Siung

Kami juga tidak lupa memberi nama diklantap kami yaitu dengan nama CAKRA PANCA SIUNG. CAKRA yang berarti kekuatan dari dalam. PANCA yang berarti lima orang. Dan SIUNG yang menunjukan pemanjatan dilakukan di tebing Siung. Arti dari nama kami sendiri adalah kekuatan fisik maupun mental dari lima orang yang dikeluarkan agar dapat menaklukan tebing, tidak hanya tebing Siung tapi tebing-tebing lainnya. Dan juga diharapkan dapat menularkan ilmu ke adik-adiknya dimasa mendatang.