DIKLANTAP AIR

     CATUR WIDYA SRIKANDI ELO

Pendidikan, Latihan, dan Pemantapan divisi Air Gopala Valentara DIKLATSAR XXXIV dimulai. Ya, tepat seminggu setelah kami melaksanakan DIKLANTAP yang pertama yaitu tebing terjal di tebing siung. Kegiatan kami selanjutnya sesuai dengan agenda sebagai Anggota Muda, melanjutkan DIKLANTAP. DIKLANTAP selanjutnya adalah DIKLANTAP Air yang akan dilaksanakan di sungai Elo, Magelang pada 29 – 31 Desember 2018.Pada DIKLANTAP Air ini diikuti oleh Dewi, Disty, Fajar, dan Prima. Dan seperti biasa, hal yang wajib dilakukan sebelum pemberangkatan untuk melaksanakan kegiatan di lapangan adalah pembekalan materi dan latihan.

WhatsApp Image 2018-01-22 at 22.29.56
Peserta Diklantap Air sebelum berangkat menuju sungai Elo

Sehari sebelum keberangkatan, 28 Desember 2017 kami para Anggota Muda melakukan packing alat bersama. Kamipun membagi tugas, ada yang melengkapi peralatan yang kurang, mencatat barang apa saja yang dibawa, memasukkan alat ke dalam carrier, dan tak lupa ada yang mencheck-list kembali untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal. Jumat, 29 Desember 2017  pukul 14.00 WIB kami dan pemateri berkumpul untuk melakukan breafing perjalanan yang dipimpin oleh Disty selaku Ketua Perjalanan Diklantap Air, dimulai dengan pembacaan alat yang dibawa, pembagian boncengan motor, meeting point saat perjalanan,  dan tak lupa  berdoa bersama sebelum pemberangkatan. Kami melakukan perjalanan kurang lebih selama 3 jam, setelah kami  tiba di starting point arung jeram sungai Elo kami diarahkan kak Nadia untuk menuju ke tempat camp, kami pun langsung mendirikan bivak untuk kami istirahat dan mulai memasak, tak selang berapa lama setelah kami selesai memasak kak Nadia dan kak Ilham datang dan membacakan peraturan DIKLANTAP Air lalu dipersilahkan untuk melnjutkan istitahat. Setelah kami selesai makan dan sholat isya  kami bersama kak Aji, kak Ilham, kak Indah, kak Aldrian, kak Nadia, dan kak Tari melakukan refresh materi kembali tentang morfologi sungai, teknik renang jeram, dan tak lupa breafing rundown acara untuk kegiatan esok hari. Setelah selesai kami pun kembali ke tempat camp dan beristirahat.

WhatsApp Image 2018-01-22 at 21.51.04
Sebelum melakukan pengarungn, peserta dan pendampng melakukan pemanasan terlebih dahulu

Keesokan harinya kami bangun dan langsung bergegas bersiap untuk kegiatan pengarungan. Tepat pukul 07.00 WIB kami menuju tempat berkumpul dengan kakak pemateri. Lalu, Disty, Dewi bersama kak Nadia dan kak Aji pergi menuju basecamp mendut rafting untuk mengambil perahu dan peralatan pengarungan. Sambil menunggu, Fajar dan Prima menyambung webbing dan membuat body flip untuk pengarungan. Setelah perahu dan peralatan datang kakak-kakak pemateri memberi contoh kami untuk portaging perahu, sambil kami membawa dayung, pelampung, helm, dan peralatan pengarungan yang lain. Setelah itu kami melakukan pemanasan dan doa bersama. Kegiatan selanjutnya yaitu memompa perahu, latihan renang jeram, dan latihan dayungan. Tak lupa sebelum kita melakukan itu semua, kami selalu diajari dan diberi contoh oleh kakak- kakak pemateri.  Setelah kami dianggap kakak pemateri paham dan siap, kamipun melakukan pengarungan dengan didampingi kak Ilham, kak Nadia, dan kak Tari di perahu. Ilkak lham menyuruh kami untuk bersiap dan dengan hitungan detik  perahu telah terbalik dan kami pun diberi komando untuk melakukan renang jeram dan menepi. Setelah itu kami naik perahu melanjutkan pengarungan sambil ditunjukkan tentang morfologi sungai.

WhatsApp Image 2018-01-22 at 21.51.07
Peserta saat melakukan renang jeram

Sampai di bawah jembatan kecil yang arus airnya tenang kami menepi dan menyambung body flip kami menjadi satu. Setelah diberi contoh kak Ilham, kami satu per satu mempraktikkan flip flop yaitu cara membalikkan perahu yang terbalik. Dimulai dari Disty, Prima, Dewi, dan Fajar.Setelah kami mencoba semua tepat pukul 12.25 kami istirahat dan makan siang selama 20 menit. Lalu kami melanjutkan pengarungan sampai di rest area. Setelah itu kami melakukan renang jeram dan melanjutkan pengarungan, pukul 15.40 kami sampai di tempat finish pengarungan. Selanjutnya kami dibantu kak Nadia dan kak Tari untuk portaging alat pengarungan menuju ke basecamp yang letaknya tepat di belakang candi mendut. Di basecamp kami membereskan perlatan dan mandi, selanjutnya kami menuju ke tempat camp menggunakan motor bersama kakak-kakak pemateri. Sesampainya di tempat camp kami mendirikan bivak, istirahat, sholat, dan makan sampai pukul 20.00. Kegiatan setelahnya adalah evaluasi kegiatan hari ini beserta refresh materi kembali, dan kami pun diberikan penjelasan tentang skipper beserta tekhniknya ATM (Angle Time Momentum). Tak lupa kakak-kakak pemateri memberikan wejangan kepada kami untuk selalu semangat, tetap solid, dan mengalahkan ketakutan kita terhadap sesuatu. Setelah itu kami menuju ke tempat camp untuk beristirahat.

WhatsApp Image 2018-01-22 at 21.51.13
saat melakukan pengrungan dengan pengaplikasian tehnik yang telah dipelajari

Di pagi hari terakhir kami bangun dan bersiap sampai pukul 07.00. Berbeda dengan hari kemarin, kami semua menuju ke basecamp bersama barang-barang bawaan kami. Sesampainya kami di basecamp kami mengganti pakaian kering kami dengan pakaian mengarung kami, portaging perahu, dan perlengkapan ke mobil lalu kami pun menuju ke starting point pengarungan menggunakan mobil tersebut. Setelah sampai, seperti biasa kami melakukan portaging ke tepian sungai, berdoa, pemanasan, dan tak lupa renang jeram satu per satu .Lalu kami diberi komando untuk naik ke perahu didampingi kak Aldrian, kak nadia dan kak Tari. Kami belajar menjadi skipper, namun sebelumnya dijelaskan dan diberi contoh kak Aldrian dan kak Nadia di 2 jeram pertama. Selanjutnya Fajar diminta untuk mencoba pertama dengan melewati 3 jeram di dampingi kak Nadia. lalu Prima mencoba di 3 jeram selanjutnya di dampingi kak Aldrian. Setelah itu Disty mencoba didampingi kak Aldrian melewati 3 jeram  hingga tiba di rest area . Kami tiba di rest area pukul 10.10 WIB.Karena kami tiba lebih awal dari rundown acara yang kami buat maka istirahatpun di majukan. Kamipun beristirahat, makan siang, belajar renang jeram, dan berfoto di rest area  selama  30 menit. Selanjutnya kami naik perahu dan perahu diarahkan kak Aldrian ke mainstream lalu perahu kami di flip kak Aldrian dan kamipun diminta untuk renang jeram. Setelah kami renang jeram melewati 3 jeram kami diberi komando untuk menepi dan menyambung body flip kami menjadi satu, kak Aldrian memegang ujung body flip,kak Nadia beserta kak Tari mengarahkan perahu ke tengah sungai dan kami harus naik perahu sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Setelah beberapa kali kami mencoba, Prima dapat naik ke atas perahu dan yang lainnya tetap mencoba namun karena sudah terlalu lama dan mulai gerimis akhirnya Disty, Fajar, dan Dewi dibantu untuk naik ke atas perahu. Lalu kami melanjutkkan pengarungan dengan Dewi yang menjadi skipper sampai melewati 3 jeram didampingi kak Aldrian.

WhatsApp Image 2018-01-22 at 21.51.09
saat melakukan teknik  Flip flop

Selanjunya kak Aldrian dan kak Nadia memberi contoh kepada kami bagaimana menjadi double skipper tidak hanya dengan teknik j stroke dan c stroke yang berlawanan saja namu yang paling utama membutuhkan kerjasama, kekompakan, dan komunikasi yang baik. Lalu kami diminta mencoba, Disty bersama  Prima mencoba pertama di bottle neck  dan setelah itu Dewi bersama Fajar mencoba hingga sebelum 2 jeram terakhir. Dan pada 2 jeram terakhir perahu dikendalikan oleh kak Aldrian dan kak Nadia sampai di finish. Sesampainnya kami di finish kami melakukan evaluasi kegiatan dan berfoto bersama bendera kebanggaan kami bendera merah putih dan bendera Gopala Valentara. Nama lantap kita yaitu “Catur Widya Srikandi  Elo, yang bermakna 4 perempuan yang diharapkan akan bijaksana dalam membawa dan nantinya dapat mengembangkan Divisi Air GOPALA VALENTARA yang dimulai dari pengarungan di Sungai Elo.

WhatsApp Image 2018-01-22 at 21.51.01
Catur Widya Srikandi Elo

 

 

Oleh : Prima Tiara P.A AMGV/XXIV

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s