PENDAKIAN GUNUNG SEMERU

RANUKUMBOLO TOUR BERSAMA ALB GOVA

Sedikit gambaran dan pengetahuan yang saya ketahui tentang Gunung Semeru. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl. Gunung aktif dengan kawahnya yang masih sering mengeluarkan gas beracunnya (yang sering di sebut wedhus gembel), kawah tersebut bernama Jonggring Saloko dan dengan puncaknya yang berdiri gagah, tinggi menjulang langit Mahameru namanya. Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi ketiga setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di NTB. Gunung ini juga mempunyai danau yang indah, yang sering jadi tujuan para pendaki. Danau ini bernama Ranukumbolo terdapat di atas ketinggian 2.400 mdpl. Itulah destinasi kami, ya, berkumpul dan menikmati udara khas gunung di Ranukumbolo.

Untitled-1.jpg
Penampakan Gunung Semeru cr. wipolo.com

Kegiatan ini Berawal dari wacana beberapa Anggota Luar Biasa (ALB) Gova di grup whatsapp, yang ahirnya bisa terealisasi setelah sekitar 2 bulan persiapan dan perencanaan. Perjalanan dimulai pada kamis malam pukul 21.00, tanggal 7 desember 2017, Saya dan 4 anggota aktif Gova(Fajri, Bayu, Adit, Aji) menaiki bus sugeng rahayu dari depan kampus, tiketnya cukup murah, cuma RP 46.000 Setelah 6 jam perjalanan, ahirnya kami berlima tiba di terminal burungasih surabaya pada pukul 03.30, perjalanan dilanjutkan ke malang dengan bis patas, setelah 2 jam sampailah di terminal malang. Kebetulan kami berlima bertemu salah satu ALB Gova, mas Andi yg sudah sejak pagi menunggu di terminal.

IMG_5354
Penjemputan menggunakan Elf oleh Mas Yudhi ALB Gova

Pada pukul 09.00, kami dijemput menggunakan mobil Elf oleh mas Yudhi. Sedikit informasi, mas Yudhi ini merupakan inisiator sekaligus pencetus ide ranukumbolo tour ini. Setelah menjemput beberapa anggota di bandara dan stasiun malang, kami lanjutkan perjalanan ke rumah pak Laman di tumpang. Sekitar jam 11.00 siang, sudah banyak anggota luar biasa Gova yg berkumpul. Jam 13.00 siang kami melanjutkan perjalanan dengan mobil jeep. Terlihat kabut tebal menemani kami sepanjang perjalanan. Setelah sekitar 30 menit,  sampailah kita di pertigaan antara Bromo dan Ranupane. Kami berhenti untuk makan bakso hehehe.

IMG_5385
Bakso di pertigaan antara Gunung Bromo dan Ranupane

Perjalanan kami lanjutkan, karena jalanan baru diperbaiki, kamipun naik ojek untuk sampai ke homestay di ranu pane. Di homestay, kami mengurus ijin pendakian, ada sedikit masalah dimana salah satu berkas ada yg kurang, sehingga membuat kami terlambat mendaki. Akhirnya setelah negosiasi panjang, kami pun diperbolehkan naik pada pukul 17.30. pendakian dimulai!

IMG_5360
Sebelum melakukan pendakian

Rombongan kami dibagi menjadi 3 kelompok, yakni tim advance yg di paling depan, tim tengah, dan tim sweeper di paling belakang. Dari ranupane ke pos 1 memakan waktu 2 jam dengan medan landai. Di pos 1 kebetulan ada api unggun, kami pun istirahat sejenak. Setelah cukup lama istirahat, kami pun melanjutkan perjalanan. Trek kali ini agak sedikit naik, setelah kurang lebih 2 jam, kami sampai di pos 2. Karena dirasa masih kuat kami lanjutkan perjalanan ke pos 3. Kamipun waspada dan berhati-hati karena kata petugas jalan menuju pos 2 ke pos 3 merupakan habitat macan tutul, apalagi mereka aktif di malam hari. Sampailah kami di pos 3 yg ternyata ramai oleh beberapa pendaki, kamipun beristirahat sejenak. Waktu menunjukan pukul 21.30 malam itu.

IMG_5481
Pendakian dimulai!

Kami melanjutkan perjalanan, trek kali ini bisa dibilah cukup terjal, dengan sinar bulan malam itu, saya bisa melihat jurang yg sangat curam di sebelah kiri saya. Setelah 1 jam mendaki, jalanan mulai landai kembali. Terlihat pantulan lampu-lampu yg bersinar dari kejauhan, dan tepat didepan lampu itu terlihat samar samar pemandangan danau. Rasa lalah seakan hilang seketika saat saya sampai di depan ranu kumbolo ini.

IMG-20171213-WA0067
Pemandangan indah di Ranukumbolo

Jalanan menuju camp ranukumbolo sangat curam dan licin, beberapa rombongan kami terpeleset. Setelah kira kira setengah jam melewati turunan licin, sampailah kami di sabana pinggir ranukumbolo. Banyak percabangan jalan disini, sayapun memutuskan mengikuti jalan di pinggir danau, setelah 15 menit menyusuri, ternyata jalan yg saya lalui buntu dan tertutup air danau, alhasil saya pun berbalik arah dan mencari jalan lain, dan ahirnya kami pun sampai di camp ranu kumbolo jam 23.00 WIB dimana tim advance sudah sampai terlebih dahulu. Soto hangat masakan porter sudah menunggu kami disana, setelah puas makan kami pun tidur. Dan pada Jam 2 pagi rombongan tim sweeper pun datang.

IMG-20171210-WA0068
Pemandangan di area pegunungan

Paginya, saya putuskan untuk menaiki tanjakan cinta menuju oro-oro ombo, seperti namanya tanjakan ini lumayan susah dilewati, persis seperti mengejar cinta haha. Lupakan sejenak legenda tentang tanjakan cinta, pemandangan di baliknya begitu indah. Padang rumput yg luas sejauh mata memandang, dan terlihat juga puncak mahameru dibalik sebuah punggungan, sungguh pemandangan yg menenangkan jiwa.

IMG-20171210-WA0016 - Copy - Copy
Foto saya dan anggota aktif di depan Ranukumbolo

Setelah puas jalan jalan di oro-oro ombo, kami pun turun lagi ke ranu kumbolo untuk makan siang dan foto-foto. Pada pukul 10.00 kami pun pulang kembali ke homestay, perjalanan sekitar 6 jam dengan cuaca cerah berawan, sepanjang perjalanan kami habiskan untuk foto-foto karena semalam semua pemandangan indah di jalan belum nampak.

IMG-20171213-WA0054.jpg
Foto bersama setelah pendakian

Sampai di homestay kami istirahat sejenak, kemudian dilanjutkan dengan bakar bakar ubi dan pisang sambil bersenda gurau dengan anggota luar biasa gova. Mereka bercerita tentang bagaimana mereka dulu di gova dan bercerita tentang kehidupan masing-masing, sungguh berkesan malam itu. Pagi harinya kami pun pulang, ojek yg mengantar kami sudah tiba di depan homestay. Setelah diantar ojek kami pun melanjutkan perjalanan dengan jeep sampai rumah pak laman, di jalan kami berhenti untuk membeli oleh oleh khas malang, apalagi kalau bukan apel malang.

Oleh : Anditya Gilang P. GV-273/XXXI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s