Sekolah Dasar Binaan Gopala Valentara

Pola Hidup Sehat dan Kebersihan Lingkungan

Sebagai mahasiswa pecinta alam, Gopala Valentara juga melaksanakan suatu kegiatan pengabdian masyarakat. Gopala Valentara turut berperan aktif dalam pembentukan karakter, terkhusus dalam hubungannya dengan lingkungan. Tujuan dari pengabdian ini untuk memberikan pengetahuan dan kepekaan terhadap lingkungan pada masa sekarang.

Dalam kegiatan Sekolah Dasar Binaan ini kami menyasarkan tujuan pada anak-anak yang diharapkan dapat menjadi generasi penerus yang peduli terhadap lingkungan, karena persoalan lingkungan hidup pada dasarnya adalah masalah perilaku manusia. Hal ini berarti akar dari masalah lingkungan hidup yang kita hadapi adalah perilaku manusia dalam memperlakukan alam. Etika lingkungan merupakan materi mendasar yang perlu diajarkan.

Upacara sebagai bentuk perkenalan

Pada pertemuan pertama kali SD Binaan Gopala Valentara di SDN 01 Kalijirak setelah pada periode tahun lalu kami laksanakan di SD Plosorejo, Karanganyar, kami mengambil tema “Pola Hidup Sehat dan Kebersihan Lingkungan”. Kebiasaan pola hidup sehat memang harus dilakukan,me\nngingat mahalnya kesehatan yang bahkan malah sering diabaikan. Memang benar kata pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”.

Pola hidup sehat memang tidak sulit untuk diterapkan sebenarnya, namun banyak juga yang mengabaikannya. Mulai dari makan makanan yang bergizi, olahraga yang teratur, banyak mengkonsumsi air putih, dan yang tak kalah penting yaitu menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana yang justru terkadang dilupakan. Misalnya, mencuci tangan dapat membersihkan tangan dari kuman-kuman penyebab penyakit. Kebiasaan mencuci tangan hendaknya dilakukan sebelum dan sesudah makan, setelah bermain atau beraktivitas, setelah menjenguk orang sakit dan setelah berpergian.

Praktik cuci tangan yang benar

Mengingat pentingnya mencuci tangan, kami mengajak adik-adik SDN 01 Kalijirak untuk belajar bersama. Mulai pemberian materi mengenai urutan-urutan mencuci tangan yang benar hingga kami praktek mencuci tangan bersama-sama. Kami juga menekankan untuk hemat dalam penggunaan air.

Selain mencuci tangan kami juga memberikan materi mengenai kebersihan lingkungan. Lingkungan yang kotor dapat menjadi sumber penyakit, salah satu yang dikhawatirkan adalah demam berdarah (DBD) yang dapat berpotensi menyebabkan kematian. Kami juga menekankan mengenai manfaat dari manjaga kebersihan lingkungan seperti lingkungan manjadi nyaman, terbebas dari debu dan polusi udara.

Kerjabakti membersihkan sekolah

Disela sela-sela materi kami juga memberi game yang dapat membuat mereka semakin semangat. Fungsi dari game-game ini juga membuat adik-adik semakin semangat, akrab, kompak, melatih konsentrasi, dan melatih keberanian.

Games penyemangat

Harapan kami dengan terselenggaranya SD Binaan kali ini adik-adik dapat selalu menerapapkan pola hidup sehat khususnya dengan rajin mencuci tangan dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Fajar Nur Samsiningrum (GV-297/XXXIV)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s