GOPALA VALENTARA

GOPALA VALENTARA

Gopala Valentara Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta biasa disingkat GOVA PMPA FH UNS merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa tertua di FH UNS Solo yang bergerak dalam kegiatan kepecintaalaman, baik itu kegiatan olah raga alam bebas maupun kegiatan konservasi dan pelestarian lingkungan hidup.

SEJARAH BERDIRI

Pada tahun 1979, bermula dari sekelompok mahasiswa Fakultas Hukum UNS yang memiliki kegemaran dan keinginan yang sama, mendaki gunung, menembus rimba, berpetualang menjelajahi alam dan kegiatan alam bebas lainnya. Pada saat itu, ternyata kegemaran akan bertualang dialam bebas cukup diminati banyak mahasiswa.

Semakin banyaknya penggemar kegiatan alam bebas ini nampaknya disikapi dengan cermat oleh beberapa mahasiswa Fakultas Hukum UNS pada masa itu. Melihat bahwa belum ada wadah di Fakultas Hukum bagi para mahasiswa yang memiliki kegemaran bertualang tersebut, beberapa orang mahasiswa yang memiliki kegemaran bertualang dialam bebas tentunya, sepakat mendirikan sebuah wadah dalam bentuk unit kegiatan yang diharapkan dapat memfasilitasi kegemaran tersebut.

Tanggal 4 Mei 1981 disepakati sebagai tanggal terbentuknya wadah untuk para pecinta alam Fakultas Hukum UNS. Pendiriannya sendiri dilakukan di puncak Gunung Lawu – 3265 meter dpl. Wadah tersebut selanjutnya diberi nama “Gopala Valentara”  yang diadaptasi dari bahasa sansekerta yang secara harfiah berarti “Gembala Belantara” (Gopala = Gembala; Valentara = Belantara, Rimba Raya).

Dalam perjalanannya, Gopala Valentara semakin berkembang dari sekedar unit kecil dari kelompok penggemar kegiatan alam bebas menjadi sebuah bentuk Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam yang memiliki bentuk yang lebih formil daripada sebuah kelompok. Seiring dengan berjalannya waktu juga, Gopala Valentara, mengikrarkan diri sebagai wadah resmi kegiatan petualangan alam bebas.

Gopala Valentara sendiri, pada masa sekarang adalah sebuah wadah bagi para mahasiswa Fakultas Hukum UNS yang memiliki kegemaran bertualang di alam bebas, wadah berorganisasi yang dinamis, serta mengukuhkan diri sebagai sekelompok mahasiswa yang bercita-cita untuk selalu menjaga dan memelihara kelestarian serta kelangsungan demi kesinambungan alam dan lingkungan hidup dari setiap perusakan, pencemaran maupun pemusnahan lingkungan alam tersebut.

Sebagai suatu wadah, Gopala Valentara mempunyai suatu simbol atau lambang yang mencerminkan identitas serta tujuan dari watak tersebut.

logo gv

Adapun arti dari setiap bentuk lambang tersebut adalah:

Warna dasar kuning

Berarti keteguhan dan semangat yang prima dalam menghadapi tantangan yang dihadapi setiap anggota Gopala Valentara.

Gunung dan Ombak

Merupakan unsur alam yang berkekuatan sangat besar, keras, dan ganas tapi menjanjikan keindahan bagi manusia dan merupakan rahmat Tuhan yang sangat tinggi nilainya, mengingatkan kita pada kebesaran-Nya.

Telapak Kaki Kanan

Melambangkan bahwa anggota Gopala Valentara selalu siap untuk melangkah kakinya menjelajah alam semesta dalam arti hubungan antara manusia dengan alam sekitar.

Tulisan GOPALA VALENTARA FAKULTAS HUKUM UNS

Menunjukkan bahwa anggota yang tergabung dalam Gopala Valentara adalah mahasiswa Fakultas Hukum UNS.

Dua Lingkaran Hitam

Melambangkan kekeluargaan di dalam angoota GOVA. Dimana lingkaran yang atas yaitu Anggota Luar Biasa dan lingkaran yang bawah yaitu anggota. Berbentuk lingkaran mengharapkan hubungan yang tak akan terputus.

MOTTO

“Satu untuk semua, semua untuk satu, semua untuk semua”

Oleh: Bayu Haritia, NRA. GV-266/XXX

Iklan

2 respons untuk ‘GOPALA VALENTARA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s