PENGEMBARAAN GUNUNG HUTAN

ARJUNO & WELIRANG, SI KEMBAR DENGAN PESONA INDAHNYA

Pengembaraan Gunung Hutan Gopala Valentara kali ini diadakan di Gunung Arjuno dan Gunung Welirang. Pengembaraan ini bertujuan untuk melatih kemampuan para anggota muda Gopala Valentara dalam memahami materi IMPK (Ilmu Medan Peta, dan Kompas), kerjasama dan kebersamaan. Gunung Arjuno adalah gunung yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di daerah Malang. Gunung ini memiliki ketinggian 3.339 MDPL dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur. Gunung Arjuno bersebelahan dengan Gunung Welirang. Gunung ini adalah salah satu gunung yang banyak didaki karena keindahan alamnya serta tingginya yang lebih dari 3.000 MDPLGunung Arjuno banyak menyimpan misteri karena sangat erat kaitannya dengan kerajaan Majapahit dan di lereng-lerengnya dapat ditemui arca dan candi-candi bersejarah peninggalan kerajaan yang didirikan oleh Raja Wijaya tersebut. Situs-situs bersejarah hanya dapat ditemui melalui jalur Purwosari, tepatnya berlokasi di Desa Tambak Watu, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Suasana yang penuh mistis masih menyelimuti daerah tersebut karena pada saat moment-moment tertentu banyak para peziarah yang datang mengunjungi situs tersebut, terutama para penganut aliran kejawen.

pengembaraan-gh-2
Mengistirahatkan badan di salah satu pos
Sarapan sebelum melanjutkan perjalanan

Pengembaraan ini kami lakukan tanggal 26-29 Agustus 2016. Perjalanan kami mulai pada 26 Agustus 2016 pukul 22:00 WIB dari sekre GOVA. Kami berangkat dari terminal Tirtonadi menuju Terminal Surabaya dengan Bus Eka selama hampir 5,5 jam. Setelah sampai, kami menuju terminal Pandaan dan berbelanja logistik terlebih dahulu. Setelah selesai berbelanja, kami menyewa mobil carteran menuju basecamp Tretes. Pukul 06:45 WIB kami tiba di basecamp ini. Setelah mengurus admnistrasi, kami pun membawa carrier kami masing-masing dan berangkat pukul 10:00 WIB. Hanya butuh waktu 30 menit untuk sampai di pos I yaitu Pet Bocor. Kami langsung melanjutkan perjalanan hingga pos II yaitu Kokopan, dan tiba disana pukul 15:45 WIB. Setelah sampai, kami langsung keluarkan peta Gunung Arjuno dan kompas kami untuk melakukan orientasi medan. Setelah beberapa menit mencari, akhirnya kami menemukan titik koordinat kami di peta. Lalu pukul 16:45 WIB kami pun kembali berjalan dengan target camp di pos III, yaitu Pondokan. Setelah berjalan dalam kegelapan selama 4 jam, akhirnya kami mendirikan camp sebelum pos III karena sudah kelelahan, dan masak untuk makan malam. Sebelum tidur, tak lupa kami melakukan evaluasi dan briefing untuk esok hari.

Minggu, 28 Agustus 2016, kami bangun pukul 05:00 WIB dan bergegas sarapan dan packing. Sambil menunggu nasi matang, kami juga melakukan orientasi medan. Setelah semua kegiatan selesai, kami pun kembali berjalan pukul 07:00 WIB dan tiba di pos III pukul 09:15 WIB. Setelah itu, tujuan kami selanjutnya adalah Lembah Kidang. Disini kami meninggalkan carrier dan membawa perlengkapan seperlunya seperti peta, kompas, seragam, jas hujan, makanan, dan bendera GOVA. Perjalanan menuju puncak Arjuno ditempuh dengan medan yang lumayan berat. Pukul 12:00 WIB kami beristirahat untuk makan siang dan ishoma. Setelah itu, kami lanjutkan kembali perjalanan menuju puncak. Setelah hampir 3 jam berjalan, akhirnya kami tiba di Puncak Arjuno yaitu Puncak Ogal-agil pukul 16:00 WIB. Setelah menyanyikan himne GOVA dan berfoto, kami pun turun kembali ke Lembah Kidang untuk mengambil carrier, mendirikan camp pukul 21:00 WIB. Setelah evaluasi, kami langsung bergegas istirahat karena perjalanan tadi cukup melelahkan.

pengembaraan-gh-5
Perjalanan menuju Puncak Welirang

Senin, 29 Agustus 2016, kami bangun dan melakukan aktivitas pagi seperti biasa, kemudian bergegas menuju Gunung Welirang. Setelah selesai melakukan sarapan dan orientasi medan, pukul 09:00 WIB kami berangkat menuju tempat tujuan terakhir, yaitu Puncak Welirang. Setelah kurang lebih 4 jam berjalan, akhirnya kami tiba di Puncak Welirang pukul 13:00 WIB. Di puncak ini, kami menyanyikan mars GOVA dengan terbatuk-batuk, karena aroma belerang sungguh menyengat hidung kami. Setelah itu, kami turun menuju tempat camp untuk cleaning, dan kami tiba di pos II pukul 20:40 WIB. Disini kami kembali mendirikan camp, dan melanjutkan perjalanan turun esoknya.

Selasa, 30 Agustus 2016, kami bangun pukul 05:00 WIB. Setelah semua perut kami terisi, kami bergegas melanjutkan perjalanan turun menuju pos I. Lama perjalanan menuju pos I adalah 4 jam. Lalu kami kembali melanjutkan perjalanan menuju basecamp, dan tiba disana pada 13:20 WIB. Setelah makan dan membersihkan kotoran debu Gunung Arjuna dan Welirang, kami pun pergi ke Surabaya untuk singgah ke rumah salah satu Anggota Luar Biasa kami. Setelah puas bercengkrama dan selesai beristirahat, akhirnya kami pulang ke Solo pukul 23:35 WIB, dan tiba di Solo pada Rabu, 1 September 2016.